Dewan; Dinas Kelautan dan Perikanan Dorong Pelatihan Nelayan

| Selasa, 19 Apr 2022 12:00 WITA
Dewan; Dinas Kelautan dan Perikanan Dorong Pelatihan Nelayan Foto; Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono mengusulkan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim untuk membuat program pelatihan-pelatihan bagi nelayan.

Menurutnya, semakin luas pengetahuan yang diberikan pada nelayan, maka akan meningkatkan hasil tangkapan para nelayan dan mestinya akan meningkatkan perekonomian para nelayan.

Selain itu, dengan semakin banyak dan baiknya hasil tangkapan ikan oleh nelayan, maka akan berimbas pada kenaikan pendapatan daerah.

Yang tak kalah penting, kata dia, semakin pesatnya perkembangan teknologi, diharapkan OPD terkait dapat membuka wawasan nelayan untuk lebih memahami benar pentingnya mengetahui kondisi cuaca, sebelum pergi melaut.

''Kita sudah RDP (rapat dengar pendapat) dengan Dinas Perikanan terkait hasil tangkapan para nelayan. Dan dari eksistensi, data yang diberikan kepada kami kemarin, bahwa banyak nelayan kita di Kaltim ini,'' ucapnya, saat menjadi narasumber di stasiun radio lokal baru-baru ini.

Dari DPRD Kaltim sendiri, terang politisi dari partai Golkar ini, sejak beberapa tahun lalu selalu mengganggarkan bantuan untuk para nelayan dalam menunjang kerjanya.

''DPRD sudah banyak membantu untuk nelayan kita, mulai dari bantuan kapal, mesin dan sebagainya. Untuk itu, kepada instansi terkait, kami mendorong untuk juga memperhatikan keselamatan nelayan saat melaut,'' katanya.

''Bisa dilakukan pelatihan mengenai membaca cuaca dan mentracing keberadaan ikan. Tentu ini membutuhkan teknologi. Kita akan terus mendorong ini, supaya nelayan sejahtera dan keselamatan terjaga,'' sambungnya.

Terkait dengan anggaran untuk nelayan, Nidya Listiyono memastikan pihaknya selalu menyiapkan pos anggaran untuk bidang itu.

''Yang jelas ada. Berikutnya juga ada dan perlu kita bersinergi, masukkan dinas terkait untuk penganggaran kita perlu itu. Karena fungsi kami penganggaran, tentu semua sektor akan kami support,'' imbuhnya.(Adv)


Tinggalkan Komentar