Dewan Kesenian Jakarta Menerima Kunker Pansus Kesenian Daerah Kaltim

| Jumat, 21 Okt 2022 12:00 WITA
Dewan Kesenian Jakarta Menerima Kunker Pansus Kesenian Daerah Kaltim -

gerakanaktualnews.com, JAKARTA - Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menerima kunjungan Kerja Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kesenian Daerah. Kamis (20/10/2022).

Rombongan Panitia Khusus (Pansus) dari Kaltim terdiri dari Ketua Sarkowi V Zahrry, Ely Hartati Rasyid dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji. 

Dalam kunker ini, pansus merima banyak masukan yang penting, khususnya berkaitan dengan memaksimalkan peran dewan kesenian dalam mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap kesenian serta memberikan ruang kepada semian melalui program pelestarian seni dan budaya. 

Sarkowi V Zahrry menuturkan, hal yang menarik perhatian pansus adalah seluruh sarana dan prasarana kesenian seperti aula, gedung, panggung dan lainnya tidak untuk disewakan yang bukan berkaitan dengan kesenian. 

"Kalau di Kaltim masih ada gedung atau aula yang peruntukannya buat seni dan budaya, tapi disewakan untuk acara pernikahan. Alasannya agar ada pemasukan, ini menarik memang," sebutnya.

Dewan kesenian, kata Sarkowi, harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sebab ini berkaitan dengan kesejahteraan seniman agar terus bersemangat untuk berkarya dan regenerasi. 

Ketua DKJ, Danton Sihombing menyampaikan, mengkomersilkan sarana dan prasarana kesenian untuk kegiatan non seni dan budaya telah keluar dari tujuan awal dan dapat mengganggu program pelestarian kesenian.

"Misalnya anak-anak mau berlatih seni atau mau pentas seni tetapi tidak bisa karena gedung atau aulanya disewakan, 'kan tidak efektif jadinya," katanya.

Danton menambahkan karya seni itu memerlukan pendalaman, penjiwaan dan rasa untuk menciptakan mahakarya. Sebab itu kesejahteraan seniman juga penting menjadi perhatian bersama. (adv)


Tinggalkan Komentar