Dewan: pemerintah Gandeng LPS Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Khususnya SMK Agar Siap Hadapi Persaingan Kerja 

| Kamis, 07 Apr 2022 12:00 WITA
Dewan: pemerintah Gandeng LPS Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Khususnya SMK Agar Siap Hadapi Persaingan Kerja  Foto; Akhmaed Reza Fachlevi Ketua Komisi IV DPRD Kaltim

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Komisi IV DPRD Kaltim gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pihak terkait, dengan agenda upaya meningkatkan sertifikasi teruntuk lulusan SMK di Kaltim, (06/04/2022).

Rapat yang dilaksanakan pada ruang rapat Gedung E lantai 1 Kantor DPRD Kaltim dan dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kaltim serta LPK ETC.

Akhmaed Reza Fachlevi Ketua Komisi IV DPRD Kaltim menyampaikan, pihaknya bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim terus berupaya meningkatkan kualitas seluruh lulusan sekolah yang ada di Kaltim, khususnya siswa SMK, untuk benar-benar dipersiapkan

“matang”dalam menghadapi dunia kerja. Apalagi kata dia, setelah Kaltim ditetapkan sebagai Ibukota Nusantara, maka dipastikan akan berdampak pada banyaknya orang luar yang akan masuk ke Kaltim untuk mencari pekerjaan. Sehingga, perlu upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan lulusan SMA maupun SMK yang ada di Bumi Etam.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tersertifikasi inilah, pemerintah didorong untuk menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) baik untuk dalam negeri maupun luar negri. Sehingga, peluang kerja tidak hanya bisa didapatkan di lokal atau Indonesia saja, tetapi hingga luar negeri.

“Jadi, ini penting sekali untuk peningkatan dan pengembangan SDM yang ada di Kaltim, seiring dengan Ibukota Negara baru di sini. Untuk itu, kompetensi sangat mendukung bagi kita semua, sehingga kita mendorong pemerintah untuk lebih memberikan perhatian lebih, termasuk pada lembaga sertifikasinya,” ucapnya, seusai memimpin RDP.

Terkait dengan LPK ETC sendiri, lanjut Reza, lembaga tersebut diketahui memiliki pengalaman yang bagus untuk membantu mencarikan lapangan pekerjaan bagi lulusan sekolah di Kaltim, bahkan hingga ke luar negeri. 

“Ada juga beberapa mahasiswa yang ada di Jepang sudah digaji, walaupun masih magang. Ada juga anak SMK yang magang di Turki dan sudah mendapatkan gaji. Jadi, tinggal bagaimana menyikapi saja,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Surasa menyebut, pihaknya akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan DPRD Kaltim dan OPD lainnya terkait program tersebut. Disdikbud Kaltim sendiri, kata dia, sangat mendukung seluruh program yang dapat memberikan manfaat bagi rakyat Kaltim, khususnya lulusan SMK.

“Kami menyambut baik, makanya penting bagi kami melakukan pemetaan kompetensi, keahlian yang diperlukan oleh pasar luar negeri maupun dalam negeri,”ungkapnya.

Dikatakannya, sebenarnya yang menjadi sasaran program tersebut bukan hanya lulusan SMK saja, tetapi untuk seluruh pemuda yang ada di Kaltim untuk benar-benar mempersiapkan mereka mampu menghadapi persaingan kerja.

“Kami juga akan koordinasi internal, menyiapkan beberapa tahun ke depan, pembekalan penguasaan bahasa asing sejak dini. Tentu ini jadi kebijakan dinas, kita harus berkoordinasi dan disesuaikan dengan kebijakan pembangunan daerah,” pungkasnya. (Adv)


Tinggalkan Komentar