DPRD Kaltim Gelar Rapat Paripurna Bahas Laporan Akhir Pertanggungjawaban APBD 2023

Wahyu Retno | Rabu, 26 Jun 2024 12:00 WITA
DPRD Kaltim Gelar Rapat Paripurna Bahas Laporan Akhir Pertanggungjawaban APBD 2023 Sigit Wibowo Wakil Ketua DPRD Kaltim

gerakanaktualnews.com, Samarinda — DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Paripurna ke-17 pada Rabu, 26 Juni 2024, di Gedung Utama (B) Kantor DPRD Kaltim, Samarinda.

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo, didampingi oleh Sekretaris DPRD Kaltim, Norhayati Usman. Hadir pula Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim, Ujang Rachmad, yang mewakili Gubernur Kaltim.

Rapat membahas penyampaian laporan akhir Badan Anggaran (Banggar) terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023.

Usai rapat, Sigit menjelaskan bahwa pengesahan Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023 menandai selesainya kegiatan pembangunan dan anggaran tahun 2023. Selanjutnya, perencanaan dan penganggaran untuk tahun 2024 akan dimulai.

"Ada beberapa catatan dalam laporan yang akan ditindaklanjuti oleh Banggar. Mereka akan berkomunikasi dengan TAPD untuk segera menyelesaikannya," ujarnya.

Sementara itu, Ujang Rachmad berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan serta pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga memberikan apresiasi kepada DPRD Kaltim yang telah menjalankan serangkaian proses dalam pembahasan Raperda ini.

"Serangkaian proses ini telah dilaksanakan dengan baik, sehingga Pemprov Kaltim meraih opini WTP dari BPK RI secara berturut-turut untuk kesebelas kalinya," tuturnya dalam pendapat akhir Gubernur.

Rapat Paripurna ini menjadi momentum penting bagi DPRD dan Pemprov Kaltim untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. 

Dengan disahkannya Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023, diharapkan pembangunan di Kaltim dapat berjalan lebih efektif dan efisien, serta mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Ke depan, sinergi antara DPRD dan Pemprov Kaltim diharapkan semakin kuat dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar