GMNI Menemui DPRD Kaltim, Tanyakan Perwakilan Kaltim di Otorita IKN

| Sabtu, 05 Nov 2022 12:00 WITA
GMNI Menemui DPRD Kaltim, Tanyakan Perwakilan Kaltim di Otorita IKN -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud di ruang kerjanya, menerima Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kaltim, untuk melakukan audensi. Jumat (4/11/2022).

Ketua DPD GMNI Kaltim Andi Muhammad Akbar menyampaikan, bahwa pihaknya perlu berdiskusi ke DPRD Kaltim sebagai wakil rakyat untuk membahas berbagai persoalan di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Diperkirakan ada 30 orang akan menghadiri Forum Nasional yang dijadwalkan akan dihadiri Pak Presiden. Penting dirasa kami mencari satu pemahaman tentang problematika di Kaltim yang nantinya akan disampaikan pada forum tersebut,”kata Andi.

Dari diskusi, sepakat bahwa dalam pembangunan IKN mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan minim melibatkan warga lokal Kaltim.

Seperti Keputusan Presiden Nomor 123/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Otoritas Ibu Kota Nusantara.

Dari lima pejabat tinggi otorita IKN yang diliantik tersebut hanya satu perwakilan Kaltim sehingga perlu dipertanyakan.

Padahal seharusnya kouta perwakilan warga lokal haruslah minimal dua orang yang mengatahui persoalan di Kaltim dan punya misi dan trobosan dalam menyelesaikannya.

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud mengatakan tidak dilibatkannya DPRD dalam pembahasan dan pelaksanaan IKN membuat aspirasi masyarakat tidak tersampaikan secara maksimal khususnya yang berkaitan dengan kesejahteraan daerah.

“Banyak masyarakat, akademisi, mahasiswa yang menyampaikan aspirasinya tentang perwakilan warga lokal di IKN. Mereka tak ingin warga lokal menjadi penonton di daerahnya sendiri,”tuturnya.

Oleh sebab itu pemerintah pusat sudah semestinya memperhatikan dan mendengarkan apa yang menjadi keinginan warga lokal.

Tidak hanya itu, perijinan pertambangan yang seluruhnya ditarik kepusat juga membuat tambang ilegal semakin menjamur dan menimbulkan kerusakan lingkungan. (Adv)


Tinggalkan Komentar