Kesenian Daerah Dirubah Jadi Kebudayaan Kaltim

| Rabu, 12 Okt 2022 12:00 WITA
Kesenian Daerah Dirubah Jadi Kebudayaan Kaltim -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Elly Hartati Rasyid anggota Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, mendukung atas perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kesenian daerah menjadi Raperda Kebudayaan Kaltim.

Dijelaskan Elly Hartati, bahwa perubahan nama Raperda tersebut dikarenakan ada permintaan dari pemerintah pusat melalui Kementerian dalam Negeri (Kemendagri).

" Ini melalui keputusan dari pusat karena ada beberapa bagian dari kearifan lokal juga yang akan dimasukkan nantinya," katanya, Rabu (12/10/2022).

Menurutnya perubahan nama raperda tersebut tidak berpengaruh banyak terhadap isi keseluruhan dari draft sebelumnya.

" Hanya akan ada penambahan terkait kebudayaan di Kaltim, yakni kebudayaan pesisir, keraton dan pedalaman," ujarnya.

Lanjut kemudian secara keseluruhannya tidak ada perubahan, hanya perubahan literasi. Sebab kesenian itu bagian dari kebudayaan dan ke depannya ruang lingkupnya akan menjadi luas.

" Pansus akan meminta tambahan waktu hingga tiga bulan, terlebih dengan adanya penambahan sub pada isian draft Raperda tersebut," imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Elly, pansus akan menambahkan lingkup agar menjadi luas sehingga waktu tiga bulan yang diberikan, Pansus akan mengatur mekanismenya. (adv)


Tinggalkan Komentar