Nasiruddin: Monitoring Aset milik Pemprov di TMII

| Kamis, 06 Okt 2022 12:00 WITA
Nasiruddin: Monitoring Aset milik Pemprov di TMII -

gerakanaktualnews.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim melalui Komisi II melakukan Kunjungan ke anjungan Kaltim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada hari Kamis (6/10/2022). 

Agenda kunjungan tersebut dipimpin langsung Sekretaris Komisi II, M Nasiruddin didampingi Puji Hartadi dan staf.

Nasiruddin menyebutkan kedatangan Komisi II dalam rangka melakukan monitoring terhadap aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, termasuk aktifitas dan program kerja dalam rangka peningkatan pendapatan daerah.

“Kami ingin melihat bagaimana kelayakan Anjungan Kaltim di TMII ini, dan apa saja kegiatannya. Berangkat dari situ bagaimana biaya retribusi yang masuk ke kas daerah sebab dana yang dikeluarkan daerah untuk pembangunan dan perawatan anjungan terbilang tidak sedikit,” sebutnya.

Politikus PAN itu meminta pengelola anjungan agar memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada, khususnya teknologi digital yang bertujuan mempermudah siapapun yang mengakses informasi tentang perkembangan potensi di Kaltim.

“Kaltim anjungan pertama menerapkan teknologi berbasis digital seharusnya ini bisa menjadi motor penggerak bagi anjungan dalam menarik lebih banyak pengunjung dan mampu menjadi salah satu media pusat promosi daerah,”harapnya.

Selain itu, dalam rangka peningkatan perekonomian daerah maka anjungan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi budaya, pagelaran seni dan budaya, pameran produk unggulan ekonomi daerah, pertemuan seperti seminar dan lainnya.

“Lamin dan Aula dilengkapi sarana dan prasarananya agar mereka yang menyewa lebih merasakan kenyamanan. Berbagai macam hasil kerajinan dan produk olahan UMKM harus dilengkapi ini bagian dari promosi,” ucapnya.

Plt Kasi Promosi dan Informasi Anjungan Kaltim, Mahdaleny menjelaskan mulai awal  2022, TMII ditutup untuk mengunjung karena dilakukan perbaikan atau revitalisasi dikarenakan akan menjadi salah satu tujuan peserta G20.

Hal ini menjadikan Anjungan Kaltim praktis menghentikan kegiatan untuk sementara sekaligus menyelesaikan perbaikan sarana dan prasarana di lingkungan anjungan guna memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.

“Masih dalam tahap penyelesaian, pekerjaannya dilakukan oleh PUPR. Setelah G20 kegiatan rutin akan kembali dilaksanakan seperti pagelaran seni dan budaya khas Kaltim, membuka ruang bagi siapapun untuk menyewa aula atau lamin baik untuk pernikahan, acara kumpul keluarga, seminar dan lain-lain,”pungkasnya.(adv)


Tinggalkan Komentar