Diskominfo Kaltim

Ratusan TKA di Smelter Pendingin, Komisi IV DPRD Kaltim Harap Tertib Administrasi

M Alif Anugerah | Minggu, 15 Jan 2023 12:00 WITA
Ratusan TKA di Smelter Pendingin, Komisi IV DPRD Kaltim Harap Tertib Administrasi Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Komisi IV DPRD Kaltim soroti temuan ratusan tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Pabrik Smelter Nikel yang terletak di Kelurahan Pendingin, Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). 

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin mengatakan, beberapa waktu lalu telah melakukan kunjungan lapangan dan menemukan sedikitnya 161 orang tenaga kerja asing.

"Kami pernah melakukan kunjungan lapangan ke perusahaan smelter di Pendingin, itu ada 161 orang tenaga kerja dari China, dan itu belum terkonfirmasi oleh dinas yang bersangkutan," ucap Salehuddin, Minggu (15/1/2023).

Maka hal tersebut, Salehuddin Komisi IV DPRD Kaltim, meminta agar Pemprov Kaltim melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim mengevaluasi segala kelengkapan yang dibutuhkan. 

"Perlunya penertiban kelengkapan administrasi, mekanismenya seperti apa, kemudian tahapan-tahapannya, ini harus jelas," tegasnya.

Politisi Partai Golkar ini, berharap kelengkapan administrasi terhadap tenaga kerja asing (TKA) sangat penting dibuthkan, sehingga ia memberi ruang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat membenahi lebih dulu perbaikan administrasi.

“Mengingat Smelter Nikel yang beroperasi di Kelurahan Pendingin, Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) itu dianggap sebagai investasi daerah yang mampu memberikan keuntungan,” jelasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar