Samsun; Pembangunan Kawasan IKN Perlu Langka Antisipasi Kerusakan Alam

| Kamis, 21 Apr 2022 12:00 WITA
Samsun; Pembangunan Kawasan IKN Perlu Langka Antisipasi Kerusakan Alam -

 gerakanaktualnews.com, Samarinda - Pembangunan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki potensi kerusakan alam, seperti aktivitas pengupasan lahan yang cukup luas seiring dengan luasnya kawasan IKN. 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun, berharap kepada Pemerintah pusat agar pembangunan IKN Nusantara di Kaltim perlu dilakukan antisipasi kerusakan alam.

Hal ini dikhawatirkan mengingat lahan yang disiapkan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara itu cukup luas, yang tentunya memiliki resiko dan dampak timbulnya bencana alam, termasuk banjir dan tanah longsor.

“Kami berharap kepada pemerintah pusat agar dalam proses pembangunan IKN perlu melakukan langkah antisipasi sehingga tidak terjadi kerusakan alam yang justru menimbulkan bencana alam.” katanya. Saat dikompirmasi. (21/4/2022). 

Lanjut kemudian Samsun mengungkapkan, banjir yang terus terjadi di Kaltim selama ini salah satu penyebabnya karena masifnya kerusakan alam seperti aktivitas pertambangan . 

"Bencana banjir yang terjadi di Kaltim ini karena kerusakan alam, kerusakan lingkungan, apalagi dengan banyaknya pertambangan. Banyak daerah yang telah digundul, seperti di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara," ungkapnya. 

Meskipun pemerintah pusat saat ini telah menyiapkan berbagai macam upaya untuk mencegah banjir di kawasan IKN, tapi Samsun juga berharap agar upaya serupa juga perlu dilakukan di sejumlah daerah penyangga seperti Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara (Kukar). 

Menurutnya, jika upaya itu dilakukan maka kawasan IKN dan daerah penyangga ke depannya dapat terhindar dari berbagai macam bencana alam utamanya banjir yang kian terus melanda sejumlah daerah. (adv)


Tinggalkan Komentar