Samsun; Pemerintah Perlu Buat Regulasi Perusahaan Listrik

| Sabtu, 24 Sep 2022 12:00 WITA
Samsun; Pemerintah Perlu Buat Regulasi Perusahaan Listrik -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Kendaraan listrik di Indonesia terus menunjukkan kepastian dari pemerintah dengan menginstruksikan peralihan mobil pejabat ke mobil listrik.

Meneurut Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun masyarakat akan melirik tanpa himbauan apapun jika energi listrik akan lebih hemat dan murah dibanding penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Ketika energi listrik lebih hemat dan lebih murah dibandingkan dengan energi BBM otomatis masyarakat akan melirik. Tanpa himbauan apapun pasti akan berhitung dan mencari. Tapi kalau kenyataannya energi listrik lebih mahal maka masyarakat juga tidak bisa dipaksakan untuk menggunakan,”ujar Samsun, Sabtu (24/9/2022).

Samsun menuturkan, terkait dengan kelistrikan di Indonesia, ini masih monopoli dan penyaluran energi listrik di Indonesia masih dipegang oleh PLN (distributor tunggal).

“Tentu tau sendiri bahwa prinsip ekonomi saat ini masih dimonopoli satu pihak (PLN), maka konsumen tidak akan mendapatkan nilai yang lebih karena memang harga benar-benar ditentukan sendiri oleh distributor tunggalnya,” tegas Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu.

Namun kalau ada kompetisi/pesaing yang bukan hanya PLN alias ada perusahaan swasta lain yang melakukan distribusi kelistrikan di Indonesia, maka akan terjadi persaingan. Hal ini cukup bagus yang kemudian akan memacu keuntungan pada masyarakat karena adanya perbandingan harga.(adv)


Tinggalkan Komentar