Sapto Setyo Pramono; Perlu Penyelarasan Data Sebelum Disahkan Raperda RTRW

| Kamis, 13 Okt 2022 12:00 WITA
Sapto Setyo Pramono; Perlu Penyelarasan Data Sebelum Disahkan Raperda RTRW -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Sapto Setyo Pramono wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) sedang melakukan penggodokan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Dijelaskan Sapto bahwa hingga kini masuk dalam tahap pembahasan dokumen dan pihaknya perlu menyelaraskan sumber data sebagai acuan pembentukannya.

" Pada pembentukan dokumen ini akan berlangsung selama 20 tahun mendatang, jadi perlu dikupas tuntas mengenai sejumlah data yang berkaitan," ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Hal itu akan menentukan kepentingan Provinsi Kaltim dan masyarakat mengenai peruntukan wilayah.

" Ke depannya kita akan mengundang pemerintah kabupaten dan kota serta Badan Otorita yang berkaitan untuk membahas mengenai ini," katanya.

Sapto menegaskan kebijakan RTRW perlu melakukan validasi yang serius dan detail untuk mempersiapkan Raperda tersebut.

"Jangan sampai ketika ini disahkan, ke depannya bakalan terdapat kendala. Di mana harusnya ada investor masuk tetapi malah terhalang oleh kebijakan," imbuhnya.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim itu meminta ada penyelarasan dengan pemerintah kabupaten/kota yang dinilai penting. Sebab yang memiliki kawasan adalah kabupaten/kota.

Di sisi lain, berkaitan dengan Ibu Kota Negara (IKN) yang saat tengah menjadi fokus utama dalam pembahasan RTRW karena membahas sistem kependudukan dan sistem pemilu.

" Tidak heran akhir-akhir ini pansus terus melakukan pembahasan yang penting dengan sejumlah pihak, jadi harus tuntas dibahas semuanya sebelum disahkan," tutupnya. (adv)


Tinggalkan Komentar