Sarkowi; Terbitkan Inpres Untuk Memberantas Illegal Mining di Kaltim

| Senin, 06 Feb 2023 12:00 WITA
Sarkowi; Terbitkan Inpres Untuk Memberantas Illegal Mining di Kaltim Foto Sarkowi V. Zahry Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Pertambangan Batu bara di Kalimantan Timur (Kaltim) masih menjadi perhatian serius oleh pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dan juga terhadap Kabupaten dan Kota.

Sarkowi V. Zahry Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, menjelaskan dari banyaknya permasalahan pertambangan batu bara yang menarik perhatian publik adalah iIlegal mining atau tambang batu bara ilegal.

Menurutnya pemberantasan illegal mining atau tambang batu bara illegal sepertinya agak sulit diberantas karena sarat kepentingan didalamnya. 

"Illegal mining ibarat seperti lingkaran setan. Sebab banyak kepentingan di dalamnya yang saling berkaitan, sehingga untuk mengatasinya tidak mudah," kata Sarkowi. (6/2/2023)

Lanjut kemudian ia berharap Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) sehingga menjadi gerakan bersama seluruh stakeholder dan elemen masyarakat dari level tertinggi hingga level terendah untuk memberantas illegal mining tersebut.

"Kalau memang serius mau mengatasi itu berarti harus arahan langsung dari top management di negara ini, dalam hal ini presiden sehingga stakeholder, aparat dan kelembagaan negara mudah bergerak karena adanya instruksi yang betul tegas," tegasnya.

Ia meyakini, jika Inpres dilaksanakan diterbitkan maka daerah mampu menindaklanjuti illegal mining dengan langkah yang lebih serius dan kongkret menanggani kasus pertambangan di daerah. (adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar