Usia Kaltim Ke-66 Terus Membangun dan Tingkatkan SDM 

| Senin, 09 Jan 2023 12:00 WITA
Usia Kaltim Ke-66 Terus Membangun dan Tingkatkan SDM  Dr. H Rusman Ya’qub anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Dr. H Rusman Ya’qub anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ia berharap di usia Kaltim ke-66, Kaltim bisa lebih melakukan peningkatan pembangunan, termasuk dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Melalui momentum peringatan HUT Kaltim ke-66, dan dijadikannya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) hal tersebut menjadi motivasi dalam mendorong peningkatan pembangunan secara menyeluruh di Kaltim,” ujar Rusman saat ditemui setelah usai mengikuti apel peringatan HUT Kaltim, pada Senin (9/1/2023).

Lanjut kemudian bahwa Kalimantan Timur (Kaltim) yang sudah beberapa waktu lalu ditetapkan sebagai wilayah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) maka hal tersebut tidak ada alasan untuk tidak melakukan percepatan pembangunan dan ketertinggalan dibandingkan provinsi lain, jika dibandingkan dengan provinsi  di Jawa dan Sulawesi Selatan.

“Untuk mencapai kemajuan di berbagai bidang pembangunan, terutama kita menyiapkan masyarakat Kaltim sebagai masyarakat internasional. Karena, bagaimana pun ke depan masyarakat Kaltim akan menjadi etalase negara ini, ” kata politisi senior PPP ini.

Rusman memberikan sejumlah catatan, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal dalam rangka memantapkan Kaltim sebagai IKN Nusantara.

Pekerjaan Rumah (PR) besar yang harus dituntaskan dan dilanjutkan, siapapun nanti pemimpin Kaltim pasca Isran Noor, pembangunan infrastruktur di berbagai sektor pembangunan harus dilanjutkan hingga selesai.

“Saya berpendapat Pemprov fokus pada pembangunan infrastuktur seperti jalan misalnya, sangat diperlukan. Keberadaan jalan dapat mengurangi kesenjangan ekonomi antar kawasan dan antar daerah di Kaltim. Infrastruktur di sektor kesehatan, pertanian, pendidikan dan lainnya juga harus dapat perhatian serius,” ucapnya.

Persoalan SDM Kaltim juga perlu dicermati Pemrov Kaltim. Meski  indeks pembangunan manusia (IPM) Kaltim berada di ranking ketiga nasional, tapi harus disadari bahwa IPM bukan akhir penilaian.

“Kita perlu secara berkelanjutan meningkatkan standar dan kualitas SDM di semua kabupaten/kota di Kaltim agar merata, tidak boleh ada kesenjangan kualitas SDM antara penduduk  yang tinggal di perkotaan dengan perdesaan melalui sekolah-sekolah yang berkualitas,” saran Rusman.

Menurut Rusman, untuk meningkatkan kualitas SDM lulusan SMA Negeri/SMK Negeri/SLB yang berada dalam kewenangan Pemprov dengan melibatkan pula perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang melakukan kegiatan usaha di Kaltim.

“Saya mencermati, kita belum membawa perusahaan swasta dan BUMN ke sekolah-sekolah kejuruan untuk berpartisipasi meningkatkan kualitas lulusan SMK dan berbagi pengetahuan tentang kompetensi yang diperlukan memasuki lapangan kerja,” pungkasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar