Abdul Rasid: Desain Produk Kayu Jadikan Produk Bernilai

Muhammad Akbar | Selasa, 22 Nov 2022 12:00 WITA
Abdul Rasid: Desain Produk Kayu Jadikan Produk Bernilai -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar mengadakan pelatihan pembuatan furniture dari kayu, atau pertukangan dan desain produk.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Disprindag Kutai Kartanegara (Kukar) di ikuti sebanyak 185 orang. Yang dipusatkan di jalan Gunung belah Kelurahan Loah Ipuh Tenggarong. Senin (21/11/2022).

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid, dan kemudian ia memberikan dukungan terhadap para peserta pelatihan, agar desain produk kayu tersebut bisa bernilai ekonomis.

Melalui pemanfaatan kayu limbah atau sisa - sisa kayu yang ada untuk bahan desain produk kayu, hal ini bisa mendokrak perekonomian masyarakat di Kukar.  

“Perlunya memanfaatkan sisa-sisa kayu itu untuk dijadikan bahan desain, tidak hanya sebagai karya, namun bisa bernilai ekonomis,” Jelas Abdul Rasid. 

Pelatihan furniture perkayuan dan desain produk ini menyasar kepada organisasi kepemudaan Karang Taruna. Dengan tujuan memberikan pembekalan tentang pengetahuan di bidang perkayuaan.

Lanjut kemudian Ia berharap, para peserta bisa menghasilkan produk-produk kayu berkualitas melalui pelatihan itu. Salah satu contohnya, seperti bangku dan meja, yang produknya bisa digunakan di perkantoran mau pun di sekolah.

Dari produk yang dihasilkan, pemasarannya diharapkan dapat dilakukan melalui kerja sama dengan perusda. 

“Kita berusaha melibatkan, baik itu Perusahaan Tunggang Parangan, Idea Borneo, Karang Taruna. Kemudian komunitas perkayuan di Kukar. Harapannya agar kegiatan ini tersinkron, karena tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” sebutnya.

Pelatihan ini pun akan terus berlanjut, melalui program Tanggung Jawab Sosial Peruahan (TJSP) yang ada di Kukar. (adv)


Tinggalkan Komentar