Alif Turiadi ; Harap Pembangunan Desa Panca Jaya  Dipercepat Melalui Program TMMD 

Muhammad Akbar | Rabu, 24 Agu 2022 12:00 WITA
Alif Turiadi ; Harap Pembangunan Desa Panca Jaya  Dipercepat Melalui Program TMMD  -

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Melalui Program TMMD ke-114 tahun 2022, Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Alif Turiadi berharap pembangunan desa panca jaya bisa dipercepat.

Hal itu diungkapkan Alif Turiadi , saat menghadiri penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di Desa Panca Jaya, Muara Kaman, Rabu (24/8/2022).

TMMD ke-114 di Desa Panca Jaya memang menjadi pilot proyek dalam sektor pertanian untuk beberapa desa lain yang ada di sekitarnya.

“Desa di sekitarnya yakni, yang paling makmur Manunggal Daya, Sidomukti, dan Panca Jaya sebagai lokomotifnya agar yang lain bisa terdampak,” ujarnya Arif Turiadi.

Lanjut kemudia ia berharap, kegiatan TMMD ke-114 mampu memberikan dampak besar bagi seluruh masyarakat Kukar. Apalagi dalam menghadapi ketahanan pangan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

“Tentu dengan program TMMD ini mempercepat pembangunan di desa-desa, itu yang kita targetkan. Terbukti hari ini kita bisa melakukannya dengan baik berkat kolaborasi,” tukas Alif. 

Diketahui, Pemkab Kukar menggelontokan anggaran besar untuk kegiatan TMMD ke-14 ini. Guyuran dana itu berhasil membawa TMMD ke-114 di Kukar menjadi TMMD terbesar secara nasional.

“Ini menjadi kolaborasi yang baik, pemerintah daerah mengalokasi anggaran Rp5,2 miliar. Kemudian TNI Rp500 miliar untuk seluruh Indonesia,” ujarnya. 

Pembangunan TMMD ke-114 di Muara Kaman meliputi pembangunan Infrastruktur fisik, di antaranya membangun turap 300 meter, pembangunan jalan usaha tani sepanjang 8,9 kilometer.

Dibukanya jalan usaha tani ini berdampak pada 14 gabungan kelompok tani (gapoktan) yang menerima manfaat.
Mereka juga sudah lebih dulu membuka 496 hektare lahan. Kemudian, membangun titik pompa air sebagai irigasi, membuka lahan tidur 117 hektare, termasuk jembatan penghubung konektivitas sebanyak 19 buah. (Adv)


Tinggalkan Komentar