BLT BBM Disalurkan Tepat Sasaran, Harap Wakil Ketua DPRD Kukar

Muhammad Akbar | Senin, 12 Sep 2022 12:00 WITA
BLT BBM Disalurkan Tepat Sasaran, Harap Wakil Ketua DPRD Kukar -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa tepat sasaran. Hal tersebut diharapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kutai Kartangera (Kukar) Alif Turiadi.

Ia berpesan, verifikasi dan validasi data harus dilakukan mulai tingkat Rukun Tetangga (RT), Kelurahan/Desa, hingga Kecamatan. 

Alif juga meminta PT. Pos Indonesia dan Pemerintah Daerah (Pemda) bisa berkoordinasi untuk memastikan data penerima ke Kementerian Sosial (Kemensos). 

Hal tersebut perlu dilakukan supaya BLT yang diberikan betul-betul tepat sasaran bagi penerimanya, terutama bagi masyarakat prasejahtera. 

“Jangan hanya sekadar memberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP), lalu berhak menerima, warga tidak mampu harus menjadi prioritas,” katanya. 

Menurutnya, tugas ini bukanlah perkara yang mudah, mengingat terdapat ribuan orang yang menerima bantuan tersebut. Dibutuhkan kerja keras untuk memastikan penyaluran sesuai kriteria yang diberikan sebab tujuan bantuan bukan untuk dinikmati orang mampu dan kaya.

“Suatu saat kami bisa turun ke lapangan untuk membantu agar BLT tepat sasaran. Makanya harus memilah dan memilih, mana yang harus mendapatkan bantuan dari pemerintah,”imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, ada 10.677 warga Kukar yang menerima BLT BBM dari Kemensos RI. Masyarakat yang terdata di DTKS Kemensos akan mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu untuk empat bulan, yang dibayarkan dua kali masing-masing Rp. 300 ribu.

Bantuan ini disalurkan melalui Kantor Pos sebagai penyaluran dana, yang dilakukan selama dua pekan ke depan.  (Adv)


Tinggalkan Komentar