Erau Bakal Digelar, Wakil Ketua DPRD Kukar Minta Ciptakan Pengamanan yang Kondusif

Muhammad Akbar | Jumat, 09 Sep 2022 12:00 WITA
Erau Bakal Digelar, Wakil Ketua DPRD Kukar Minta Ciptakan Pengamanan yang Kondusif -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pasca pandemi covid-19 , perayaan Erau bakal kembali digelar di Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar) pada pekan ketiga September. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Wakil Ketua III DPRD Kukar, Siswo Cahyono. 

Menurut Siswo, penting untuk bisa membuat ajang tahunan bisa dinikmati oleh wisatawan karena melalui mereka lah bisa mempromosikan Kukar dan  erau itu sendiri. 

“Bagaimana tamu atau pengunjung yang datang ke Kukar dibuat serasa di rumah sendiri, merasa nyaman. Ini akan menjadi daya tarik ke depannya,”sebutnya. 

Politikus Partai PKB itu berharap, penyelenggaraan erau bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun yang lalu yakni menggabungkannya dengan Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF).

Sehingga bisa menghadirkan beberapa negara. Dengan begitu, kebudayaan-kebudayaan Kutai bisa dikenal lebih luas lagi. 

“Kita ingin Erau ini bisa menghadirkan beberapa negara sebagai salah satu ajang promosi di nasional maupun internasional,”harapnya. 

Erau dimaknai dengan keramaian pesta ria atau pesta adat. Kegiatan itu memiliki berbagai rangkaian, mulai dari titi bende, beluluh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, merangin, ngatur dahar, mendirikan tiang ayu.

Kemudian bepelas malam, beserpah, pengambilan air tuli di Desa Kutai Lama, ngulur naga, beumban, begorok dan belimbur di hari terakhir.

Ini merupakan erau yang kembali dilaksanakan setelah dua tahun lebih pandemi Covid-19. (Adv)


Tinggalkan Komentar