Jalin Komunikasi Perusahaan Pengolahan Sawit, Komisi I DPRD Kukar Berkunjung Ke Bontang

Muhammad Akbar | Jumat, 16 Sep 2022 12:00 WITA
Jalin Komunikasi Perusahaan Pengolahan Sawit, Komisi I DPRD Kukar Berkunjung Ke Bontang -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Komisi I  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kunjungan kerja (Kunker) ke PT. Energi Unggul Persada (EUP) di Kota Bontang, Jumat (16/9/2022). 

Perusahaan ini bergerak di bidang operasional pengelohan minyak kelapa sawit beserta turunannya, seperti minyak goreng, PFAD, fatty acid, stearin dan biodiesel. 

Rombongan Komisi I terdiri darivMaruf Marjuni, Eko Wulandanu dan Pujiono. Kegiatan dilaksanakan untuk mengatasi apabila suatu saat terjadi kelangkaan minyak goreng seperti kejadian beberapa bulan lalu. 

Maruf Marjuni mengatakan, kunker itu pun dalam rangka membangun komunikasi dan kerja sama dengan perusahaan agar dapat mengembangkan industrinya di Kukar. 

Terlebih Kecamatan Marangkayu juga masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kawasan Industri, sehingga bisa menjadi pertimbangan. “Desa Santan Ilir Marangkayu ditetapkan RTRW sebagai wilayah industri,” katanya.

Dalam pertemuan itu dibahas, bila kondisi daerah layak dan strategis untuk pembangunan industri, maka perusahaan berencana membangun banyak kilang dan pabrik.

Kilang tersebut rencana untuk mendukung produk turunan dari kelapa sawit seperti sabun, detergen dan sebagainya. 

Mereka juga menyampaikan keluhan dan minta dicarikan solusi terkait pelabuhan Salo Palai yang tutup karena kondisi sosial yang kurang medukung. “Kita akan cari solusinya dan memberikan penjelasan kepada masyarakat akan dampak ekonominya. Adanya kawasan industri dapat menyedot banyak pekerjaan,” jelasnya.  (adv)


Tinggalkan Komentar