Ketua DPRD Kukar Dukung Kebijakan KPP Lindungi Pesut Mahakam

Muhammad Akbar | Jumat, 09 Sep 2022 12:00 WITA
Ketua DPRD Kukar Dukung Kebijakan KPP Lindungi Pesut Mahakam -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) dan Pemkab Kukar dalam upaya melindungi Pesut Mahakam. Hal itu Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Abdul Rasid memberikan dukungan dan menyambut baik . 

Diketahui, KPP RI telah menetapkan kawasan konservasi perairan mahakam wilayah hulu Kabupaten Kukar pada 8 Agustus 2022.

Ini menjadi upaya menjaga dan melestarikan pesut mahakam sebagai satwa yang dilindungi. 

Dalam surat itu, berisikan taman di perairan mahakam wilayah hulu Kukar dengan luas keseluruhan 42.677,99 hektar terbagi menjadi tiga zona yakni zona inti, zona pemanfaatan terbatas dan zona lain sesuai peruntukan kawasan.

Kini, Pesut hanya dapat ditemui di Kukar saja. Mamalia air tawar itu terancam punah. Bahkan populasinya berada di bawah angka 100.

Dengan menurunnya jumlah pesut membuat pemerintah mengambil langkah tegas untuk melestarikan keberadaannya.

“Keputusan kementerian ini, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik dalam menjaga satwa di sungai mahakam,”ucap politikus Partai Golkar itu. 

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kelestarian Pesut. Masyarakat bisa turut andil mencegah upaya-upaya orang tak bertanggung jawab dalam merusak habitat satwa, seperti menyetrum atau menaburkan racun di sungai. Bahkan, Pemkab Kukar juga telah mengeluarkan larangan tersebut. 

Rasid berharap, pihak swasta atau perusahaan yang mengunakan akses sungai mahakam bisa menjaga kawasan konservasi. Bila perlu, dilibatkan dalam menjaga sungai biar terjaga dan terawat dengan baik.

“Saya sering sampaikan, hal-hal seperti ini harus menjadi komitmen kita bersama,” tegasnya.  (Adv)


Tinggalkan Komentar