Pelatihan Kompetensi Balitbangda, Ketua DPRD Kukar Jadi Narasumber

Muhammad Akbar | Minggu, 09 Okt 2022 12:00 WITA
Pelatihan Kompetensi Balitbangda, Ketua DPRD Kukar Jadi Narasumber -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Abdul Rasid Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi narasumber di acara pelatihan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar. Sabtu (8/10/2022).

Kegiatan pelatihan tersebut diadakan di hotel Aston Samarinda, dengan mengusung tema. Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kelitbangan Dalam Rangka Mewujudkan Kutai Kartanegara yang Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri. 

Pada momen itu, Abdul Rasid mengucapkan apresiasinya atas terselenggaranya pelatihan yang diinisiasi Balitbangda Kukar. 

“Kegiatan ini bukan hanya dikuti Balitbangda Kabupaten Kukar, tapi melibatkan seluruh Kantor Balitbangda Kabupaten/kota se-Kalimantan Timur, ini sangat luar biasa,” ucapnya. 

Balitbangda mempunyai fungsi pelaksanaan pembinaan dan pengkoordinasian hasil penelitian dan penerapan IPTEK dan inovasi, kajian ekonomi, keuangan, sosial budaya, pemerintahan dan kemasyarakatan.

Sebagai lembaga riset dan penelitian Pemkab Kukar, Balitbangda harus dapat memaksimalkan peran lembaga riset dalam mendukung program pemerintah untuk melaksanakan pembangunan dan kemasyarakatan.

Agar apa yang direncanakan serta arah dan tujuan dari sebuah penelitian dan pengembangan daerah untuk tujuan pembangunan menjadi jelas. Oleh sebab itu, penting sekali untuk meningkatkan kompetensi. 

Supaya kedepannya seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lembaga Balitbangda Kukar  mempunyai regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing dan berilmu tinggi serta andal.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi kelitbangan ini, ke depan perencanaan riset-riset yang ada di Kabupaten Kukar tidak perlu melibatkan lembaga lain, cukup lembaga kita sendiri,” harap Ketua DPRD Kukar. Abdul Rasid. 

Terakhir, pelatihan tersebut juga dihadiri perwakilan Pemkab Kukar, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Kukar H Totok Heru Subroto, Kepala Balitbangda Kukar Ir Didi Ramyadi, Kepala Badan Litbang Provinsi Kaltim Ir H Fitriansyah, Kepala Riset dan Inovasi Nasional Dr Rizki Maharani, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kaltim Sofian. (Adv)


Tinggalkan Komentar