Pemda Diminta Gali Potensi PAD Melalui Sektor Wisata, Sebut Sopan Sopian

Muhammad Akbar | Kamis, 06 Okt 2022 12:00 WITA
Pemda Diminta Gali Potensi PAD Melalui Sektor Wisata, Sebut Sopan Sopian -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) menilai pemerintah perlu mengambil kebijakan atau sistem manajemen terhadap sektor wisata.

Ketua Komisi II DPRD Kukar, Sopan Sopian mengatakan, hal ini dilakukan sebagai upaya dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kukar.

Menurutnya, masih ada wisata swasta yang tidak memberikan kontribusi terhadap daerah. Padahal jika diilihat, banyak pengunjung yang datang. 

“Kemasan PAD-nya masih belum maksimal dari pengelolaan wisata swasta, terutama di desa-desa tidak ada masuk ke PAD,” katanya.

Lanjutnya, wilayah yang berkontribusi besar terhadap pendapatan akan mendapatkan perhatian lebih, terutama terhadap pembangunan di wilayah tersebut.

Ia berharap, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) harus lebih gencar mempromosikan wisata. 

“Apa-apa yang menjadi kekurangan yang perlu pemerintah bantu, seperti infrastruktur jalan, informasi melalui media, ini harus gencar terus,” ujarnya saat ditemui. (6/10/2022).

Kemudian mengadakan pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Kelompok Sadar Wisata dan juga Kecamatan. Diperlukan komunikasi dan koordinasi intens terhadap semua pihak.

“Bukan hanya membuat festival meskipun ramai tapi sifatnya sementara, namun bagaimana semua bisa berkelanjutan supaya daerah wisata hidup terus,” ucapnya.

Diketahui, selepas pandemi Covid-19 destinasi wisata menjadi salah satu objek yang sering dikunjungi masyarakat untuk berlibur.

Peluang ini lah yang harus diambil oleh Pemkab Kukar untuk meningkatkan PAD, baik objek wisata yang dikelola pemerintah maupun swasta.  (Adv)


Tinggalkan Komentar