Pemkab Diminta Buat Trobosan Penanganan Sampah, Sebut Siswo Cahyono

Muhammad Akbar | Senin, 17 Okt 2022 12:00 WITA
Pemkab Diminta Buat Trobosan Penanganan Sampah, Sebut Siswo Cahyono -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar)  meminta agar penanganan sampah bisa mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. 

Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono mendorong Pemkab Kukar memiliki terobosan baru dalam penanganan sampah. Mengingat permasalahan sampah tidak dimanfaatkan secara maksimal, hingga menumpuk harus mendapat perhatian.

Politikus PKB itu menyarankan agar Pemkab Kukar dapat mencarikan solusi baru terkait penanganan sampah, khususnya di Kota Raja. Bila diperlukan, pemda harus menjalin kerja sama dengan pihak ketiga atau Perusahaan Daerah (Perusda).

Menurutnya, Pemkab Kukar juga dapat memberikan peluang perusahaan agar bergerak di bidang daur ulang dan bisa memberikan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dengan memanfaatkan limbah sampah untuk dikelola oleh Perusda, tentu dapat meningkatkan pendapatan kita juga, dari hasil daur ulang itu bisa mendapatkan pendapatan,” sebutnya. Senin (17/10/2022)

Siswo menilai, permasalahan sampah di Tenggarong harus didaur ulang agad tidak terjadi banyak penumpukan dan dapat terurai. Kalau sistem ini dijalankan dengan baik, tentu bisa memberikan dampak terhadap ekonomi masyarakat.

“Kami juga berharap bisa dijalankan (seperti daerah lain). Ada metode daur ulang yang memang bisa difungsikan, didayagunakan kembali. Ada daya manfaat, jadi sesuatu yang tidak berguna di situ bisa didaur ulang,” tandasnya. (Adv)


Tinggalkan Komentar