Usulan Pemekaran Kelurahan Loa Ipuh, Ketua DPRD Kukar Dukung 

Muhammad Akbar | Kamis, 15 Sep 2022 12:00 WITA
Usulan Pemekaran Kelurahan Loa Ipuh, Ketua DPRD Kukar Dukung  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pengusulan pemekaran wilayah Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, mendapat dukungan dari Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasyid. 

Menurutnya Pemekaran wilayah dapat mempercepat pembangunan. Selain itu, pelayanan urusan administrasi masyarakat pun bisa lebih maksimal.

Jumlah populasi penduduk di Kelurahan Loa Ipuh sendiri sudah terlampau padat. Total penduduknya mencapai 27.000 ribu jiwa, terdiri dari 77 RT.

Ini merupakan kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Tenggarong. 

“Maka Hal tersebut, layak diberikan dukungan untuk terciptanya pemekaran wilayah di Kelurahan Loa Ipuh,”ujarnya. 

Namun sebelum dilakukan pemekaran perlu dilakukan kajian-kajian terlebih dahulu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab), melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), untuk memastikan agar syarat-syarat pemekaran wilayah tersebut sudah terpenuhi.

“Seperti Loa Ipuh, dengan kondisi yang ada sekarang ini jumlah penduduknya melebihi jumlah penduduk Kecamatan Muara Wis. Belum lagi kerja lurahnya sangat ekstra, oleh karena itu ini perlu dilakukan kajian-kajian,”sebutnya.

Rasyid berharap, terkait syarat-syarat pemekaran wilayah di Loa Ipuh bisa terpenuhi. Sehingga pemekaran wilayah tersebut bisa segera direalisasikan.

“Jika sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pemekaran ya kita lakukan. Supaya ini bisa mengurai persoalan-persoalan yang ada di wilayah tersebut,” tegasnya. (Adv)


Tinggalkan Komentar