DEWAN INGATKAN PEMKOT BANGUN POLDER UNTUK DAERAH KAWASAN BANJIR

| Jumat, 11 Feb 2022 12:00 WITA
DEWAN INGATKAN PEMKOT BANGUN POLDER UNTUK DAERAH KAWASAN BANJIR Foto;. Markaca Anggota Komisi III

SAMARINDA - Rencana Pemkot Samarinda membangun dua polder, ditanggapi positif kalangan Dewan. Wakil rakyat meminta Pemkot memprioritaskan pembangunan polder terutamanya pada kawasan rawan banjir,(11/02/2022).

Markaca selaku Anggota Komisi III DPRD Samarinda, menilai langkah yang diambil oleh Pemkot Samarinda, mengatasi banjir dengan membangun polder merupakan bentuk keseriusan dalam menanggulangi masalah yang selalu menimpa Kota Tepian setiap kali turun hujan.

“Kita tahu saat ini pemkot sedang berupaya untuk mencarikan solusi. Salah satunya pembangunan kolam retensi. Menurut saya langkah ini harus kita dukung. Namun kita tekankan agar pembangunan polder atau kolam retensi itu diprioritaskan di kawasan yang kerap kebanjiran,” ungkap Markaca.

Dengan skema pengerjaan Multi Years Contract (MYC), pembangunan dua polder itu akan berlangsung mulai Maret 2022 mendatang.

“Pembangunan ini untuk masyarakat dan kota kita agar masalah banjir bisa teratasi. Saya sangat setuju,” lanjut Markaca.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Samarinda, kedua kolam retensi ini akan dibangun dengan luas sekitar 20 hektare dengan daya tampung air hingga 400 meter kubik.

“Kita harap segera direalisasikan yang di sempaja itu. Dan untuk daerah rawan banjir juga bisa diprioritaskan ke depan.”Harap Markaca. (Adv)


Tinggalkan Komentar