Dewan Mendukung Rencana Pemkot Samarinda, Sungai Mahakam Dijadikan Kawasan Wisata Unggulan

| Rabu, 16 Mar 2022 12:00 WITA
Dewan Mendukung Rencana Pemkot Samarinda, Sungai Mahakam Dijadikan Kawasan Wisata Unggulan Foto; H. Kamaruddin Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda. H. Kamaruddin, mendukung rencana pemerintah Kota (Pemkot) menjadikan sungai mahakam sebagai kawasan wisata unggulan.

Menurut Kamaruddin bahwa sepanjang program atau rencana pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah berdampak positif terhadap masyarakat dan kemajuan Kota Samarinda, tentu kita dukung.

Politikus Partai Nasdem ini menyebut upaya yang dilakukan oleh Pemkot Samarinda merupakan terobosan baru dalam pembangunan, terutama dalam sektor pariwisata.

“Ini adalah merupakan terobosan yang sangat bagus, hal rencana pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda membangun kawasan wisata di sungai mahakam, tentunya bisa mendokrak PAD Samarinda khususnya di sektor Pariwisata.” ungkap Kamurddin, saat ditemui diruang kerjanya. Kamis (16/3/2022)

Lanjut kemudian, sektor pariwisata di Kota Samarinda hingga kini masih minim, bahkan kalah dibanding daerah lain di Kaltim, seperti Kabupaten Berau yang telah memiliki tempat wisata skala nasional bahkan internasional.

"Memang harus ada inovasi untuk menarik wisatawan dari luar Samarinda, apalagi tempat wisata di Samarinda ini masih minim sekali jika dibandingkan kota lainnya di Kaltim ini, seperti di Berau," kata Kamaruddin.

Menurutnya, peluang untuk mengelola Sungai Mahakam menjadi destinasi wisata sangat besar, namun sangat diperlukan keseriusan dalam proses pengelolaannya.

Untuk itu, ia mendorong Pemkot Samarinda agar mempresentasikan dan mempromosikan potensi wisata tersebut sehingga para investor tertarik untuk berinvestasi di kawasan tersebut.

"Pemkot harus mempresentasikan peluang bisnisnya juga, jadi harus cerdik. Kemudian mensosialisasikan kepada investor bahwa inilah potensi wisata yang ada di Sungai Mahakam," serunya.

"Kan pasti pengelolaannya juga butuh banyak anggaran, jadi kalau hanya mengandalkan anggaran APBD tentu tidak cukup. Karena itu perlu juga dipromosikan ke investor sehingga bisa mengelola itu," sambungnya.

Ia berharap Pemkot merealisasikan wacana tersebut sehingga ke depannya potensi wisata di Samarinda terus meningkat, apalagi sebagai salah satu kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (adv)


Tinggalkan Komentar