Disdukcapil Perkenalkan Aplikasi IKD di DPRD Samarinda

| Senin, 20 Feb 2023 12:00 WITA
Disdukcapil Perkenalkan Aplikasi IKD di DPRD Samarinda -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda memperkenalkan program aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bersama Komisi I DPRD Samarinda.

Menurut Ketua Komisi I Joha Fajal, pembaharuan KTP dinas kependudukan dan Catatan sipil yang dikemas di dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) adalah upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat.

“Kami sangat mendukung dan turut serta membantu pemerintah untuk melakukan sosialisasi aplikasi Identitas Kepnedudukan Digital (IKD) terhadap masyarakat khususnya di Kota Samarinda,” ucap Joha Fajal. Senin (20/2/2023).

Lanjut kemudian Ia menambahkan, bahwa dengan aplikasi IKD itu bisa lebih cepat dan aman serta memperlancar aktivitas, karena KTP atau IKD bisa diakses melalui smartphone.

“Apalagi masyarakat sekarang kan rata - rata sudah memiliki smartphone, jadi bisa dipastikan program tersebut bisa lebih cepat terealisasi ke seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Ditambahkan Sekertaris Disdukcapil, bahwa dengan melalui progran Identitas Kependudukan Digital (IKD) bisa mengurangi biaya terutama biaya percetakan KTP secara fisik, dan IKD juga cukup aman.

"Soal keamanan itu aman, karena yang mempunyai database itu hanya satu yaitu di pusat kementrian dalam negeri melalui Dirjen Dukcapil, dan juga mulai 2 minggu kedepan kami akan ada di Gor Kadrie Oning Sempaja untuk sosialisasi IKD disetiap hari Minggu," kata M Subhan. (adv/dprdsmd)


Tinggalkan Komentar