DPRD Apresiasi Rencana Pemkot Samarinda Menata Kawasan Tepian Mahakam

| Sabtu, 12 Nov 2022 12:00 WITA
DPRD Apresiasi Rencana Pemkot Samarinda Menata Kawasan Tepian Mahakam -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA -Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk melakukan penataan kembali kawasan tepian Sungai Mahakam. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, melalui anggota Komisi IV. Joko Wiranto turut mengapresiasi rencana tersebut.

"Tepian Mahakam sendiri harus terdiri atas zona Budaya, ruang keluarga yang kemudian nantinya secara tidak langsung diisi kesenian dan kreativitas dari masyarakat," katanya, Sabtu (12/11/2022).

Dengan begitu, Pemkot Samarinda telah menyediakan anggaran untuk penyusunan Master plan dan Detail Engineering Design (DED). Diperkirakan pembangunan dilakukan pada 2023 mendatang.

Kata Joko, perencanaan terhadap kawasan perlu menggambarkan Sungai Mahakam sebagai ikon Kota Tepian serta memperhatikan dimensi ekonomi masyarakat pada tata ruang. 

"Dengan begitu, akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang sangat baik dialami kota Samarinda," ujarnya.

Ia berharap penataan kawasan Tepian Mahakam yang tengah digarap Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda dapat memberikan pengaruh dan kontribusi terhadap masyarakat disekitarnya.

"Seperti menghidupkan dan menumbuhkan kembali pelaku UMKM masyarakat tepian," sambungnya.

Banyaknya pelaku UMKM yang berkembang diyakini akan berpengaruh terhadap pendapatan daerah, sehingga DPRD Samarinda mendukung Pemkot Samarinda untuk segera merealisasikan penataan tepian Mahakam tersebut.

"Rencana ini sebagai bentuk kepedulian meningkatkan pembangunan penataan tepian Mahakam yang sebelumnya tidak menarik perhatian masyarakat. Terlebih bagi warga Samarinda ataupun wisatawan yang berkunjung ke kota Samarinda," ungkapnya. (adv)


Tinggalkan Komentar