DPRD Dorong Pemkot Samarinda, Prioritas Pembangunan Penanganan Banjir 

Muhammad Rusli | Jumat, 05 Nov 2021 12:00 WITA
DPRD Dorong Pemkot Samarinda, Prioritas Pembangunan Penanganan Banjir  Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Ahmat Sopian Noor

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA – Pembangunan penanganan banjir di kota Samarinda, sudah masuk dalam tahapan pengerjaan, yang dimulai dari pelebaran drainase, pengerukan, termasuk  pembuatan kolam penampungan juga sudah dimulai pengerjaannya.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, meminta kepada pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, agar memperhatikan pembangunan penanganan banjir di wilayah yang sering menjadi titik evakuasi bencana.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Ahmat Sopian Noor, dari sejumlah titik jalur evakuasi bencana yang ada di kota Samarinda, agar semuanya bisa diperhatikan oleh pemerintah Kota.

“Iya seharusnya jalur-jalur evakuasi yang sering dilalui masyarakat saat bencana alam, macet, atau situasi darurat itu harus masuk dalam prioritas,”katanya, saat ditemui di ruang kerjanya. 

Ia menyebutkan daerah-daerah yang dimaksud diantaranya Simpang Gerilya, sekitaran Jalan Perjuangan, Simpang Tiga Damanhuri, lalu di depan Gang Ogok yang jika hujan turun sesaat, badan jalan sudah tidak terlihat karena banjir.

Dirinya pun menuturkan daerah yang padat penduduk termasuk padat lalu lintas, semestinya ditangani segera agar banjir bisa diminimalisir dan mampu dikendalikan. Termasuk juga di jalan Kenangan yang merupakan salah satu jalur alternatif.

“Di jalan kenangan itu kan jalur alternatif yang sering dilalui warga ke sentosa, damanhuri, lempake sampai ke mugirejo. Tapi kalau di depan alaya tergenang banjir kan warga tidak bisa lewat bahkan berjam-jam itu masyarakat harus tunggu sampai surut baru bisa lewat,”terangnya.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini berharap agar Pemkot Samarinda segera memberikan penanganan khusus di daerah tersebut. Langkah-langkah yang harus diambil Pemerintah salah satunya pembenahan sistem drainase pada tempat-tempat yang rawan genangan, serta penambahan pembuatan folder.

Tidak hanya itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan serta menggiatkan gotong royong melakukan pembersihan saluran air serta lingkungan.

“Kami juga berharap kepada seluruh warga masyarakat Kota Samarinda, agar ikut serta dalam membantu pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama tidak membuang sampah di sembarang tempat,”pungkasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar