Hearing Komisi I DPRD Samarinda Bahas Perizinan Cafe Orion 

| Selasa, 05 Apr 2022 12:00 WITA
Hearing Komisi I DPRD Samarinda Bahas Perizinan Cafe Orion  Foto; Ketua Komisi I DPRD Samarinda, H. Joha Fajal Melakukan Hearing

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Komisi I DPRD Kota Samarinda melakukan hearing bersama dinas terkait pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, dengan agenda pembahasan perizinan cafe dan miras.

Agenda rapat tersebut di laksanakan di ruang rapat utama lantai II gedung DPRD Kota Samarinda, jalan Basuki Rahmad Samarinda. Pada hari Selasa (5/4/2022) 

Dalam rapat hearing tersebut, selain membahas permaslahan prezinan cafe dan miras, juga masalah penertiban tempat hiburan dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah tahun 2022.

Dewan bersama dinas terkait juga mengundang menejemen Orion untuk memberi masukan kepada Dewan begitupun Dinas terkait, selain itu juga untuk memperjelas bahwa apakah benar pernah mengajukan Surat Izin Usaha ataukah belum sama sekali.

Namun dalam hearing itu, yang diutamakan adalah membahas terkait adanya suatu cafe Orion di Kota Samarinda, yang dianggap tidak mematuhi aturan regulasi pemerintah, sehingga cafe tersebut rencana segera akan ditutup. 

Ketua Komisi I DPRD Samarinda, H. Joha Fajal mengatakan bahwa, jika belum sama sekali mengajukan Surat Izin usaha, bisa di katakan memang bukan keasalahan dari Satpol PP, Dan juga Anggota Dewan melakukan Sidak di lapangan dikarenakan adanya laporan oleh masyarakat.

"Karena adanya laporan dari masyarakat maka wajib bagi Dewan untuk mengecek langsung kondisi di lapangan, setelah dewan turun ke lapangan di temukan beberapa jenis minuman alkohol sampai dengan 50%, sehingga itu di anggap pelanggaran karena tidak memiliki izin dan secara otomatis kita merekomendasikan dengan bukti-bukti yang kita miliki," ucap H. Joha, panggilan akrabnya.

Lanjut H. Joha Fajal, Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) yang berhak menjual Minuman keras (Miras) 50% adalah Hanya Hotel Berbintang 5, namun tidak diperuntukkan seperti cafe Orion.

Politisi Partai Nasdem ini, berharap kepada pemilik cafe bukan hanya cafe orion, namun terhadap cafe yang lain agar tetap mematuhi aturan pemerintah sehingga bisa semua berjalan lancar dan aman. (adv)


Tinggalkan Komentar