Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Harap Penyandang Disabilitas Ikut Terlibat di Pemilu 2024

| Jumat, 18 Nov 2022 12:00 WITA
Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Harap Penyandang Disabilitas Ikut Terlibat di Pemilu 2024 -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Sri Puji Astuti Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, ia berharap pelaksanaan pemilu serentak yang diselenggarakan 14 Februari 2024 mendatang, berharap agar penyandang distanilitas turut terlibat.

Menurut Sri, penyandang disabilitas harus menyalurkan hak pilihnya di pemilu 2024 mendatang, baik itu pemilihan kepala daerah (Pilkada), pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres).

Ia mengatakan pemilu serentak harus sesuai amanat Undang-Undang, yaitu harus menjangkau penyandang disabilitas dengan melakukan pendampingan agar hak pilihnya dapat digunakan.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) ataupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) seharusnya mampu memberikan fasilitas agar mereka merasa nyaman dengan pemilu," katanya, Jum'at (18/11/2022).

Dengan begitu, kata dia, penting memberikan perhatian khusus bagi penyandang disabilitas.

"Seperti misalnya pemungutan suara yang seharusnya tidak jauh dari kediaman mereka, sehingga bisa menggunakan kursi roda," ucapnya.

Puji menegaskan masyarakat dapat turut terlibat dan mendukung proses hak politik penyandang disabilitas dengan tidak mendiskreditkan, apalagi diskriminasi.

"Pemerintah memberikan aturan untuk pemenuhan hak politik mereka dan masyarakat juga harus menciptakan pelaksanaan pemilu yang ramah terhadap penyandang disabilitas," tandasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar