Komisi II DPRD Samarinda Hearing Bersama Bapenda, Tingkatkan PAD

| Selasa, 14 Feb 2023 12:00 WITA
Komisi II DPRD Samarinda Hearing Bersama Bapenda, Tingkatkan PAD -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, menggelar hearing bersama Bapenda terkait evaluasi tentang hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Rapat hearing dipimping langsung Ketua Komisi II, dan dihadiri Kepala Bapenda Kota Samarinda, yang berlangsung di ruang rapat lantai I Gedung Sekertariatan DPRD Kota Samarinda, Jalan Basuki Rahmat. Selasa (14/02/2023).

Sesuai revisi bahwa ada beberapa instansi telah mendapatkan anggaran dari pemerintah yang cukup mumpuni, namun masih ada beberapa yang tidak mencapai target PAD.

Fuad Fakhruddin Ketua Komisi II DPRD Samarinda mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas berbagai pencapaian yang telah diraih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

"Target-target nya itu adalah pada retribusi perhotelan, Restoran, Tempat hiburan, sektor parkir, dan yang paling berperan besar yaitu BPHTB mampu menghasilkan kurang lebih 300 miliar dari target 80 miliar," ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, saat ini mereka memfokuskan pada sektor parkir, karena sampai saat ini masih belum maksimal, jadi diperlukan untuk penambahan Anggaran.

"Itu harus ditekan untuk kenaikannya, jadi regulasinya akan dirubah, maka itu nantinya akan ada 60 titik yang akan dijadikan tempat sarana pemungutan secara Elektronik contohnya E-Parking," jelasnya.

Kepala BAPENDA Samarinda Hermanus Barus juga mengatakan, teruntuk tahun ini PAD akan ditargetkan sebanyak 600 Miliar.

"Di tahun 2023 akan dinaikan menjadi 600 miliar, karena tahun ini akan ada ancaman Resisi makanya kita tidak boleh berhenti, soalnya ditahun lalu Presisi kita sebanyak 747 miliar," ujarnya ketika seusai Hearing. (adv/dprdsmd)


Tinggalkan Komentar