Komisi IV DPRD Samarinda, Prihatin Angka Pengangguran

Muhammad Rusli | Senin, 17 Apr 2023 12:00 WITA
Komisi IV DPRD Samarinda, Prihatin Angka Pengangguran -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Deni Hakim Anwar selaku Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda menyoroti angka pengangguran di Kota Samarinda yang mengalami peningkatan, sementara angka kemiskinan mengalami penurunan.

Menurut Deni Hakim, seharusnya angka pengangguran yang meningkat itu akan berimbas pada kemiskinan. Sebab pengangguran tidak memiliki pendapatan setiap harinya. 

"Jadi begini membedahnya itu, kita klasifikasikan dulu angka pengangguran ini usia dan tingkatannya. Makanya ini kan yang jadi patokan kita kok kemiskinan menurun tapi pengangguran meningkat. Kan yang banyak jadi pertanyaan ini usia berapa dulu produktif atau tidak," ungkap Deni.

Lanjut kemudian bahwa persoalan pengangguran biasa terjadi kepada seseorang yang belum menikah atau baru saja lulus sekolah, tapi belum mendapat pekerjaan. Itu juga dapat dikatakan sebagai pengangguran.

"Nah itu tidak bakal sama kalau seandainya yang di sini mereka yang baru lulus kan tidak dapat kerjaan. Ini kan belum biasanya masih jadi tanggungan orang tua. Nah ketika yang kemiskinan tadi sudah pastinya sudah bekerja dan berkeluarga kan kebanyakan begitu," jelasnya.

Kita tentunya hanya berharap salah satu komitmen dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Tepian.

"Harapannya pemkot ingin mencapai target dalam waktu sebelum tahun ini atau dua bulan ke depan sudah menurun karena kemiskinan yang ingin dikurangi adalah kemiskinan ekstrem yang saat ini sedang terjadi," pungkasnya.(adv/dprdsmd)


Tinggalkan Komentar