Laila Fatihah; Dorong PKK Berionovasi dan Maksimalkan Produk Khas Kota Samarinda

Muhammad Rusli | Kamis, 28 Okt 2021 12:00 WITA
Laila Fatihah; Dorong PKK Berionovasi dan Maksimalkan Produk Khas Kota Samarinda Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Samarinda Laila Fatihah

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Samarinda, Laila Fatihah. Mendorong PKK untuk memaksimalkan potensi khas kuliner dan kerajinan tekstil yang ada di Kota Samarinda. 

Menurut Lailah Fatihah, di Kota Samarinda tidak hanya potensi sarung samarinda yang menjadi khas Samarinda, namun ada banyak yang perlu dimunculkan dan dikelolah, sepertinya kuliner, hingga motif pakaian khas Samarinda.

“Kami sangat mendorong kepada ibu-ibu PKK agar selalu berinovasi dalam mengelola ciri khas daerah seperti kuliner, motif pakaian dan bahkan ada corak batik samarinda,” ungkapnya, Kamis (28/10/2021).

Selain itu ia menilai bahwa, pengelolaan industri kuliner maupun industri tekstil rumah tangga perlu diakomodir dan didampingi oleh PKK. Dari hasil itu tentunya dapat difasilitasi oleh Pemkot Samarinda maupun badan usaha yang ditunjuk bekerja sama.

“Misalkan ada kunjungan kerja dari luar daerah baik itu pejabat maupun wisatawan mereka bisa membeli produk daerah kita,” ucapnya.

Agar produk tersebut menjadi daya tarik tersendiri, mestinya setiap lembaga organisasi pemerintah daerah (OPD) harus memajang atau membuka lapak disetiap kantornya, sehingga saat ada pejabat berkunjung tidak jauh-jauh mencari souvenir atau belanja khas Samarinda baik itu kuliner dalam bentuk kemasan maupun pakaian bermotif khas Kota Tepian.

“Termasuk lembaga DPRD sendiri, saya sudah memberikan usulan ini kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) agar menyiapkan lapak di kantor. Nanti ada kunjugan pejabat dari luar mereka bisa membeli langsung di kantor,” sebutnya.

Dari hasil membeli produk dari hasil kreativitas ibu-ibu PPK itu, Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menilai jika perputaran dan peningkatan ekonomi semakin membaik, otomatis peningkatan PAD pun akan naik juga. (adv)


Tinggalkan Komentar