PEMKOT SEGERA TERAPKAN JURU PARKIR BERLANGGANAN DI JALAN

| Senin, 14 Feb 2022 12:00 WITA
PEMKOT SEGERA TERAPKAN JURU PARKIR BERLANGGANAN DI JALAN Foto;. Hj. Laila Fatihah, SE, M.Si Anggota Komisi II

SAMARINDA – Usaha Pemkot Samarinda untuk terapkan langganan parkir di setiap tepi jalanan menjadi sorotan DPRD Kota Samarinda. Penerapan jukir bukanlah hal sepele di lakukan terutamanya parkir dalam ruang permanen, (14/02/2022).

Laila Fatihah selaku anggota Komisi II DPRD Samarinda, persoalan parkir di Kota Tepian yang masih minim sarana parkir khusus, harus menjadi perhatian khusus Pemkot Samarinda. Sebab parkir di pinggir jalan, sangat kompleks pengelolaannya dibanding parkir dalam area khusus.

“Intinya ada banyak aspek yang harus diperhatikan jika memang parkir di tepi jalan ini kemudian akan diberlakukan berlangganan,” komentar Laila.

Diakui potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir terbilang besar. Namun pengelolaan parkir yang maksimal, harus disertai dengan pengawasan ketat serta penerapan di lapangan harus tepat.

Politisi Partai PPP itu menilai, masalah parkir berlangganan tidak hanya menyangkut persoalan teknis, tapi juga keberadaan juru parkir (jukir) liar yang ada harus ditertibkan agar program bisa berjalan maksimal.

“Selama jukir-jukir liar tidak ditertibkan, saya rasa parkir berlangganan ini akan tidak maksimal,” nilainya.

Oleh karenanya, Laila mengimbau agar Pemkot juga harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibina dengan pelatihan-pelatihan serta disiapkan upah kepada jukir yang akan bertugas.

“Kalau perlu ya dirangkul. Dibuatkan pelatihan dan disiapkan gajinya yang sesuai, supaya mereka yang bekerja bisa maksimal”,tutup Laila.  (Adv)


Tinggalkan Komentar