Sani Bin Hasan ; Kenaikan Biaya Haji Memberatkan Masyarakat

| Selasa, 24 Jan 2023 12:00 WITA
Sani Bin Hasan ; Kenaikan Biaya Haji Memberatkan Masyarakat -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Rencana kenaikan biaya haji sebesar 70 persen atau mencapai Rp 68 juta yang direncanakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) hal tersebut menjadi sorotan anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sani Bin Husain.

Menurutnya dengan rencana kenaikan biaya haji sangatlah tidak rasional, karnea dianggap memberatkan masyarakat, apalagi bagi masyarakat yang sudah beberapa tahun ikut antri daftar naik haji.

"Itu perlu dikaji ulang, sebab latar belakang calon jemaah haji Kota Samarinda mayoritas karyawan dan pelaku ekonomi kecil," tuturnya.

Sani mengatakan kenaikan biaya haji disebabkan karena adanya kesalahan dalam pengelolaan dana dari Kemenag. Sebab 70 persen keuntungan pengelolaan dana haji diambil pemerintah untuk kemudian menerbitkan Surat Utang Negara (SUN).

"Sebenarnya tanda-tanda masalah tersebut telah hadir dalam acara monitoring dan audensi yang dilakukan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) pada 5 Januari 2023 lalu," ungkapnya.

Ia berharap ke depannya BPKH dan Kemenag bisa lebih berhati-hati dalam mengelola dana haji agar lebih maksimal dalam pelaksanaannya. (adv/dprdsmd)


Tinggalkan Komentar