Subandi: Minta OPD Maksimalkan PAD Lewat Pajak dan Retribusi

Muhammad Rusli | Jumat, 05 Nov 2021 12:00 WITA
Subandi: Minta OPD Maksimalkan PAD Lewat Pajak dan Retribusi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Subandi.

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat terkoneksi dengan penerimaan pajak dan retribusi.

Menurut wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Subandi, menyebutkan bahwa peningkatan PAD itu nantinya akan mendongkrak eksistensi pembangunan Kota Samarinda khususnya di sektor infrastruktur.

Dikatakan Subandi, hal ini sejalan dengan Pemerintah Kota Samarinda, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda sebesar Rp 534 Miliar dalam APBD tahun 2022.

“Pemkot harus lebih berupaya dan berinovasi, serta memaksimalkan bagi  OPD pemungut pajak dalam rangka mendongkrak peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) ,” ungkapnya, saat ditemui. Jumat (3/12/2021)

Lanjut kemudian ia mengakui, terhambatnya program-program pemkot Samarinda saat ini, karena keterbatasan anggaran, sehingga program yang akan dilaksanakan masih ada sebagian yang belum bisa maksimal.

“Minim anggaran sebenarnya. Untuk soal banjir saja kalau secara menyeluruh dan komperhensif itu perlu anggaran sekitar ratusan miliar. Maka sementara yang bisa dilakukan hanya jangka pendek seperti normalisasi drainase serta pembuatan drainase baru,” tambahnya.

Namun demikian, dirinya meyakini Kota Samarinda di bawah kepemimpinan Andi Harun, dapat membalikan keadaan tersebut. (adv)


Tinggalkan Komentar