Balikpapan Menjadi Kota Ketiga Pertemuan Y20 

| Minggu, 22 Mei 2022 12:00 WITA
Balikpapan Menjadi Kota Ketiga Pertemuan Y20  -

gerakanaktualnews.com, Balikpapan - Penutupan kegiatan 3rd Pre-Summit, Pra-KTT III Y20 Indonesia 2022 dilaksanakan di Novotel Hotel Balikpapan Minggu (22/5/2022) Malam.

Balikpapan menjadi kota ketiga pertemuan Y20 yang sebelumnya digelar di Palembang dan Lombok, menyusul kota Monokwari lokasi ke empat. Pelaksanaan di Kota Balikpapan dengan mengusung tema Sustainable and Livable Planet atau Planet Berkelanjutan dan Layak Huni.

Proses penyerahan simbolis tuan rumah selanjutnya Pra-KTT Keempat di Manokwari, dari Kaltim diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Agus Tianur dan diterima perwakilan dari Monokwari, Hans Lodewyk Mandacan.

Seperti diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota G20 dan pertemuan pemuda G20 yang dikenal dengan Youth 20 (Y20) pada 2022. Terdapat empat bidang prioritas yang akan diusung dalam event ini, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, keragaman dan inklusi.

Indonesian Youth Diplomacy (IYD), organisasi nirlaba kepemudaan, menjadi tuan rumah resmi untuk menyambut delegasi muda Y20 dari berbagai negara.

Sebelum KTT Y20 Indonesia 2022 digelar, empat r4Pra-KTT untuk masing-masing bidang prioritas akan diadakan secara terpisah di empat kota di Indonesia, yakni Palembang (Pra-KTT Pertama), Lombok (Pra-KTT Kedua), Balikpapan (Pra-KTT Ketiga), dan Manokwari (Pra-KTT Keempat).

Acara puncak KTT Y20 Indonesia 2022 direncanakan digelar di DKI Jakarta dan Bandung. Isu planet yang berkelanjutan dan layak huni menjadi tema besar Pra isu prioritas ini menjadi dua subtema: Pertama, KTT Ketiga Y20, Pembahasan jagaan sumber daya alam; Kedua, ekonomi sirkular berbasis konsumsi dan produksi berkelanjutan. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar