Bulog Serap 225 Ton Beras Petani, Persiapan Lebaran

| Rabu, 20 Apr 2022 12:00 WITA
Bulog Serap 225 Ton Beras Petani, Persiapan Lebaran Foto; Lokasi Prum Bulog

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kaltim Siti Farisyah Yana menjelaskan penyerapan gabah (beras) milik petani Kaltim ini tetap mengacu berdasarkan standar mutu yang dipersyaratkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Pembelian Pemerintah.

"Serapan 225 ton beras produksi petani ini melengkapi dari serapan sebelumnya 400 ton, sehingga saat ini total serapan oleh Bulog sebesar 625 ton," sebut Siti Farisyah Yana pada Rapat Koordinasi Serapan Gabah/Beras di Ruang Rapat Oryza Sativa Dinas Pangan, TPH Provinsi Kaltim, Rabu (20/4/2022)

Yana menambahkan untuk gabah/beras dan persyaratan pemeriksaan kualitas menjadi hak internal dari Perum Bulog, serta memperhatikan kapasitas gudang yang tersedia dan penyaluran beras.

"Kita tetap berupaya melakukan pembinaan, terutama peningkatan kualitas produk petani, seperti beras," jelas Yana.

Dijelaskannya, dalam rangka mewujudkan Kaltim yang berdaulat Pangan, maka perlu sinergi dari stakeholder untuk menyerap gabah/beras petani, terutama menjelang hari besar keagamaan nasional maupun panen raya. 

Pimpinan Perum Bulog Kanwil Kaltimtara Arrahim K Kanam mengakui transformasi Bulog mengakibatkan berkurangnya serapan sebab pembelian harus sesuai penyaluran dan standar mutu atau kualitas diperketat.

"Inilah tantangan kami ke depan. Kami harus mencari pasar sendiri, bagaimana menyerap secara optimal. Adapun keluhan rekan-rekan Perpadi menjadi catatan penting kami," ungkap Arrahim.

Rakor dirangkai penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Penyerapan Gabah/Beras oleh Pimpinan Perum Bulog Kanwil Kaltimtara Arrahim K Kanam dengan Ketua DPD Perpadi Kaltim H Jamaludin Juned disaksikan Kepala Dinas Pangan TPH Kaltim Siti Farisyah Yana dan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kaltim Nidya Listiyono. 

Hadir pejabat Dinas Sosial Kaltim, pejabat Bank Indonesia Perwakilan Kaltim, para anggota dan pengurus DPD Perpadi Kaltim, Paser, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.(adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar