Dinsos Kaltim Gelar Kegiatan Pemantapan Petugas Layanan Dukungan Psikososial Tahun 2022  

| Rabu, 06 Jul 2022 12:00 WITA
Dinsos Kaltim Gelar Kegiatan Pemantapan Petugas Layanan Dukungan Psikososial Tahun 2022   -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur menggelar Kegiatan Pemantapan Petugas Layanan Dukungan Psikososial se Kalimantan Timur Tahun 2022.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tanggal 6 hingga 8 Juli 2022 tersebut dibuka secara resmi Pj Sekretaris Daerah Prov Kaltim Riza Indra Riadi, di Iris Meeting Room, Swiss Belhotel Borneo Samarinda, Rabu malam (6/7/2022). 

Dalam sambutannya, Riza meminta petugas sosial apabila akan turun ke lapangan dalam situasi bencana, hendaknya memahami tahapan psikososial, sehingga kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan seharusnya. 

"Penyuluh sosial perlu mempelajari tentang tahapan dukungan psikososial," tukasnya. 
Melalui kegiatan ini dapat tertanganinya korban bencana yang mengalami masalah psikososial secara tepat melalui intervensi dukungan psikososial dan pendamping sosial. 

"Jangan sampai, ketika turun ke lapangan korban malah menjadi stres dan trauma terhadap peristiwa yang telah menimpa mereka," pintanya. 

Sementara dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltim HM Agus Hari Kesuma mengungkapkan kegiatan diikuti sebanyak 30 orang terdiri dari perwakilan Dinas Sosial se Kaltim. 

Maksud digelarnya kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan tentang dampak psikologis dan sosial akibat kejadian bencana alam. 

Kemudian, meningkatkan semangat, kemampuan dan keterampilan melaksanakan tugas TAGANA dalam melaksanakan tugas.

"Petugas perlu dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang psikologi korban bencana sosial maupun alam dan menangani urusan dapur umum,"tuturnya. (adv/kominfokaltim).


Tinggalkan Komentar