Dishub Kaltim Gelar Ramp Check Armada Mudik Lebaran

| Kamis, 14 Apr 2022 12:00 WITA
Dishub Kaltim Gelar Ramp Check Armada Mudik Lebaran Foto; Kadishub Kaltim AFF. Sembiring

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Adanya informasi dari pusat untuk bebas mudik, jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, bersama Dirlantas Polda Kaltim dan Jasa Raharja mulai menggelar inspeksi keselamatan (Ramp Check) armada bus di terminal Bus Gelora Jalan Soekarno Hatta Km 2,5 Balikpapan, Kamis (14/4/2022).

Dikesempatan itu Kadishub Kaltim, AFF. Sembiring mengatakan sebelumnya pihaknya sudah melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektor melalui virtual dengan Pemerintah Pusat di Polda Kaltim guna Persiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H bersama Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kepala BPTD Wilayah XVII dan GM Jasa Raharja.

"Kami langsung action, karena salah satu arahan Kapolri yaitu mengecek kesiapan transportasi yang akan melayani masyarakat mudik Lebaran tahun ini. Target kita dalam ramcek ini ada tiga target. Pertama administrasi, kedua fisik, ketiga sarana penunjang,”ujar AFF Sembiring menerangkan.

Tiga target tersebut, tambah Sembiring, pemeriksaan administrasi ramcek itu adalah dokumen, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi bus, masa berlaku KIR kendaraan secara fisik, artinya yang utama yakni kendaraannya, imbuhnya.

“Intinya yang utama seperti mesin, pengereman dan lain-lain. Kalau penunjangnya seperti administrasi, lampu, pemecah kaca dan asuransinya. Secara administrasi apakah dia sudah membayar asuransi sesuai aturannya, dan tepat waktu,”sambungnya.

Meskipun kondisi pandemi COVID-19 mulai menunjukan penurunan, Sembiring juga membeberkan pemeriksaan terhadap penumpang bus yang akan berangkat ke daerah tujuannya juga harus mengikuti aturan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

"Yang jelas, penerapan Protokol Kesehatan akan tetap dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19,” ucapnya.

Nantinya, Dishub Kaltim juga akan melakukan Ramp Check untuk moda transportasi laut, salah satunya Kapal untuk memastikan keselamatan penumpang jelang mudik lebaran, beber Sembiring. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar