Disperindagkop Gelar Peningkatan Literasi Digital Bagi UMKM

| Jumat, 22 Jul 2022 12:00 WITA
Disperindagkop Gelar Peningkatan Literasi Digital Bagi UMKM -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Peran Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang begitu besar terhadap perekonomian Indonesia menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian untuk dikembangkan.

UU Cipta Kerja dan PP Nomor 7 Tahun 2021 dimana telah diamanatkan 40% pengadaan barang dan jasa pemerintah di prioritaskan untuk produk-produk dalam negeri dan UMK.

Dalam hal tersebut Disprindagkop diberikan kesempatan oleh Kemenkop (Kementerian Koperasi) untuk membuka Pelatihan untuk UKM yang ada di Kaltim Khususnya di Kota Samarinda, dan Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di Ballrom lantai 17 Hotel Aston Kota Samarinda, Jumat (22/07/2022).

Sasaran dalam Kegiatan Peningkatan Literasi Digital Bagi Wirausaha adalah para pelaku UMKM binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) sebanyak 25 peserta termasuk Kota Samarinda.

Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini meliputi 3 Provinsi antaranya Kalimantan Timur, Gorontalo, dan Papua Barat.

"Mungkin nanti kedepan khususnya Kalimantan Timur, sesuai dengan permintaan dari Dinas kita akan sentuh Kabupaten yang lainnya untuk kegiatan ini," Ujar Eko Adi Priyono.

Lanjut kemudian dirinya berkeinginan agar Pihak Provinsi, Kota, dan Kabupaten dapat menindaklanjuti kegiatan ini melalui APBD Dikarenakan jika bergantung pada APBN sangat terbatas.

"Dengan ini bisa di duplikasi anggaran APBD untuk kegiatan seperti ini, jadi mereka bisa menyentuh masing-masing kabupaten yang belum tersentuh dari APBN Kementerian," katanya

Kabid Koperasi Dan UKM juga berharap bahwa, setelah mengikuti pelatihan dapat berbagi ilmu wawasan serta mengembangkan pengalaman dalam membangun usaha.

"Di antara peserta itu ada yng bukan pelaku usaha akan tetapi dengan mengikuti kegiatan seperti ini mereka terbuka dirinya untuk pelaku usaha," Harap Atikah.(Adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar