Pembangunan IKN di Kaltim Butuh Dukungan Instansi Vertikal

| Kamis, 24 Feb 2022 12:00 WITA
Pembangunan IKN di Kaltim Butuh Dukungan Instansi Vertikal -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah terus melakukan Percepatan pembangunan atas pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

Maka untuk mewujudkan hal tersebut, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor berharap agar seluruh stakeholders termasuk instansi vertikal di daerah harus ikut terlibat di dalamnya.

"IKN sudah di depan mata kita. Siapa pun dan lembaga atau instansi mana pun wajib mendukung percepatan pembangunannya, tidak terkecuali instansi vertikal yang ada di Kaltim ini," ungkap Gubernur Isran Noor saat silaturahmi dan ramah tamah di Ruang Pandurata Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (24/2/2022).

Bagi orang nomor satu Benua Etam ini, membangun IKN bukan hanya rencana besar, tapi sebuah kerja dan karya besar bagi bangsa Indonesia ke depannya.

Karenanya, seluruh komponen dan elemen bangsa di pusat maupun daerah harus menyatukan tekad dan persepsi serta komitmen untuk mewujudkannya.

Misalnya, ada Lanal Balikpapan, Lanud Dhomber Balikpapan, juga Polda dan Kodam serta instansi dan lembaga vertikal lainnya, tentu akan terjadi perubahan status seiring terbentuknya IKN di Kaltim.

"Bisa saja saat ini masih status Lanal, tapi setelah IKN jadi, maka itu akan berubah. Juga, Lanud Dhomber akan berubah status, termasuk satuan-satuan lainnya maupun lembaga peradilan dan administrasi negara, sebab keisitimewaan IKN," jelasnya.

Oleh karenanya, bagi mantan Bupati Kutai Timur ini, sinergi dan kerja sama yang sudah harmonis, selain terus berlanjut juga ditingkatkan.

"Sehingga, pada saatnya nanti, ketika IKN sudah benar-benar terbentuk, tentunya kita juga menjadi lembaga dan organisasi pemerintahan yang ikut mengukir sejarah dalam mewujudkan karya besar bangsa Indonesia yang lebih baik, maju dan modern di tengah bangsa-bangsa maju di dunia," pungkasnya.(adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar