Peresmian Nama Gelora Kadrie Oening, Tanda Tangan Prasasti Oleh Isran Noor

| Senin, 30 Mei 2022 12:00 WITA
Peresmian Nama Gelora Kadrie Oening, Tanda Tangan Prasasti Oleh Isran Noor -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Stadion Madya Sempaja berganti nama menjadi Gelanggang Olahraga (Gelora) Kadrie Oening.. diresmikan langsung oleh Gubrnur Kalimantan Timur (Kaltim) DR H Isran Noor.pagi tadi pada pukul 09.00 wita. Senin (30/5/2022).

Hadir dalam acara peresmian nama Gelora Kadrie Oening tersebut, Walikota Samarinda dan Danrem 091/ASN Samarinda Kolonel Inf Dendi Suryadi serta para keluarga alm Kadrie Oening. 

Dalam sambutan Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus Tianur menjelaskan sejarah singkat awal pergantian nama Stadion Sempaja menjadi Gelanggang Olahraga (Gelora) Kadrie Oening.

"Gagasan dan ide wacana pengusulan nama ini berawal sekitar lima tahun lalu, di sebuah warung yang hadir saat itu adalah alm bapak Hairul Fuad, Ali Gais, Syarifudin DJ, Fahruddin Djaprie, Syafril Teha Noor dan beberapa nama lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu," ujar Agus mengawali sambutannya. 

Seteleh itu pertemuan dilanjutkan kerumah bapak Yoes Utomo di jalan Pahlawan, kami mengutarakan wacana untuk pemindahan makam alm Kadrie Oening dari kuburan muslimin ke makam pahlawan karena beliau merupakan veteran dan pejuang yang mendapat penghargaan dari pemerintah Indonesia dan akhirnya terwujud. 

Dan diakhir tahun lalu, kami mengusulkan nama beliau (Kadrie Oening) ke Gubernur Kaltim untuk diabadikan namanya sebagai pengganti nama Stadion Madya Sempaja dan akhirnya disetujui, tuturnya.

Baru hari ini nama Walikota Samarinda ketiga tersebut diabadikan menggantikan nama Stadion Madya Sempaja, Plat besi berwarna kuning bertuliskan GELORA KADRIE OENING terpampang di depan pintu utama lapangan bola.

"Kadrie Oening sangat pantas namanya diabadikan ke infrastruktur yang seperti gelanggang olah raga," Imbuh Gubernur Isran Noor.

Menilik sejarah, dulunya saat menjabat Kadrie Oening sering berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan rawa yang ada di Samarinda untuk memerintahkan Kadis PU membangun jalan untuk membuka isolasi Samarinda.

"Saya kira ini merupakan moment sejarah yang perlu dicatat oleh kita semua dan anak gerenasi selanjutnya, sekarang kita menikmati bagaimana kelanjutan kepemimpinan Walikota pak Andi Harun sebagai Walikota," ungkap Isran mengakhiri sambutannya. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar