Posyandu Diramaikan Balita Terima Vitamin A

| Selasa, 22 Feb 2022 12:00 WITA
Posyandu Diramaikan Balita Terima Vitamin A -

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Puluhan Balita berdatangan memadati Posyandu Mawar yang terletak di Perum Korpri Kelurahan Loa Bakung RT 64. Kota Samarinda. 

Para balita yang datang didampingi orang tuanya masing-masing. Mereka dengan suka cita hadir untuk menerima pembagian Vitamin A dan Obat Cacing gratis di bulan Februari ini.

Salah satu orang tua yang ditemui, Ryananda, mengatakan telah mendapat informasi mengenai pembagian Vitamin A sejak beberapa hari lalu.

Bahkan, dirinya mengaku pengurus Posyandu Mawar ini sangat aktif berbagi informasi terkait perkembangan dan kesehatan Balita terlebih di saat pandemi yang mengharuskan kegiatan Posyandu harus dibatasi, tambahnya.

“Kita datang pagi biar cepat dapat vitamin A dan obat cacing untuk anak. Program rutin dan gratis dari pemerintah ini bagus sekali ya terutama sangat perhatian sekali untuk kesehatan Balita. Ditambah keaktifan penguus Posyandu jadi kita terus bisa dapat informasi,”jelasnya, Selasa (22/2/2022).

Untuk diketahui, Bulan Februari dan Agustus adalah bulan Vitamin A. Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa Suplementasi Vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

Dikutip dari laman Kemenkes, Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

Vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

Kapsul vitamin A ini bisa didapatkan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, Poskeskel, Praktek Dokter, Bidan Praktek Swasta atau Posyandu dengan gratis seama bulan Februari ini. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar