Rancang Pergub Program Bekal Kreatif Untuk Mahasiswa dan Pekerja

| Sabtu, 05 Feb 2022 12:00 WITA
Rancang Pergub Program Bekal Kreatif Untuk Mahasiswa dan Pekerja -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sangat serius dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan terampil serta berdaya saing di berbagai bidang akan benar-benar terwujud.

Salah satunya, penguatan dan pengembangan kompetensi SDM bagi para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif (ekraf) di seluruh wilayah Kaltim.

Ini dibuktikan dengan segera diterbitkannya Peraturan Gubernur tentang Program Beasiswa Kalimantan Timur (Bekal) Kreatif dalam waktu dekat ini.

"Iya benar, kami sedang dan sudah membahas rancangan Pergub Program Bekal Kreatif," kata Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni, Sabtu (5/2/2022).

Rapat pembahasan pada 2 Februari lalu, lanjutnya, telah digelar di Ruang Rapat Sapta Pesona Dispar Kaltim dihadiri jajaran Komite Ekraf Kaltim, terdiri Wakil Ketua Dr Erwiantono, Sekretaris Restiawan Baihaqi, anggota I Wayan Lanang Nala dan Bidang Riset, Standarisasi dan Sertifikasi Usaha Ekraf Muhammad Fauzan Noor, Bidang Pemberdayaan Pelaku Ekraf Heru Susilo, Bidang Kerja Sama dan Hubungan Kelembagaan Ekraf Akbar Haka serta Staf Sekretariat Komite Ekraf Saprudin.

Sri Wahyuni berharap Pergub ini bisa direalisasikan menjadi transformasi sektor ekraf yang selama ini banyak pelakunya, namun belum tersentuh dukungan pemerintah secara langsung.

"Karena beasiswa ini salah satu upaya transformasi bagi para pelaku ekraf di Kaltim," ungkapnya.

Wahyuni juga menyampaikan Bekal Kreatif ini nantinya bisa diberikan untuk para mahasiswa dan pekerja, selain pelaku ekraf itu sendiri.

"Digelarnya rapat kali ini, rancangan Pergub Bekal Kreatif dapat rampung sebelum Maret depan," ungkapnya.

Untuk #Sahabatpariwisatakaltim tunggu kabar baiknya Bekal Kreatif ini. "Semoga pemberdayaan ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan terkait ekonomi kreatif di Kaltim," pungkasnya.

Wakil Ketua Komite Ekraf Kaltim Dr Erwiantono berharap Program Bekal Kreatif agar konsisten, sehingga pergub ini bisa direalisasikan dengan skema yang baik.

Terlebih lanjutnya, seleksi kali ini juga berbeda, dimana target prioritas Bekal Kreatif adalah para pelaku ekonomi kreatif atau para pekerja yang bekerja di bidang ekonomi kreatif.

"Beasiswa ini sesuai tujuannya untuk meningkatkan kompetensi para pelaku ekraf," tandas Erwiantono.(adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar