Secara Nasional Pemprov Kaltim Peringkat Kedua Terbaik Realisasi Pendapatan Tertinggi 2021

| Kamis, 02 Jun 2022 12:00 WITA
Secara Nasional Pemprov Kaltim Peringkat Kedua Terbaik Realisasi Pendapatan Tertinggi 2021 -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim membuktikan kinerja terbaik dengan berhasil meraih peringat kedua sebagai Provinsi yang mendapatkan Penghargaan Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi tahun 2021. Di awal bulan Juni tahun 2022 ini.

Atas keberhasilan tersebut, Gubernur Kaltim DR. H Isran Noor menerima Piagam penghargaan langsung dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada acara Rakornas Keuangan Daerah di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Mengutip dari laman instagram Pemprov Kaltim, Isran Noor merasa bersyukur atas pencapaian ini.

"Syukur Alhamdulilah Kaltim bisa meraih penghargaan ini. Tentu ini harus jadi motivasi agar pendapatan Kaltim ke depan bisa lebih meningkat lagi,” kata Isran.

Gubernur menjelaskan penilaian oleh Kementerian Dalam Negeri dilakukan dengan melihat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Pendapatan dan Belanja Daerah yang berakhir pada 31 Desember 2020 dan 2021.

LRA dimaksud adalah LRA yang sudah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pendapatan daerah Kaltim tahun 2021 ditargetkan sebesar Rp 9,58 Triliun, terang Isran.

"Realisasi pendapatan tahun 2021 Rp 10,22 triliun atau sebesar 106,57 persen. Persentase realisasi pendapatan daerah ini yang dinilai sebagai indikator," jelasnya.

Adapun 5 (Lima) Provinsi menjadi Terbaik secara Nasional dalam Realisasi Pendapatan Daerah adalah Gorontalo, Kaltim, Jawa Timur, Papua Barat dan Bengkulu.

Diketahui, Secara keseluruhan terdapat 45 Penerima Penghargaan terdiri dari Kategori Provinsi, Kabupaten dan Kota, dimana masing-masing kategori dengan 5 (lima) daerah terbaik. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar