363 Sapi Didatangkan Distanak Kukar untuk Penuhi Kebutuhan Konsumsi

Muhammad Akbar | Senin, 17 Okt 2022 12:00 WITA
363 Sapi Didatangkan Distanak Kukar untuk Penuhi Kebutuhan Konsumsi -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mendatangkan sebanyak 363 ekor sapi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kukar, Aji Gazali menuturkan, ratusan sapi didatangkan guna memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Kukar juga menambah jumlah pupulasi hewan ternak di daerah. 

Sapi-sapi tersebut didatangkan dari luar Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi dan Bali. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah menyediakan dana senilai Rp. 4,2 miliar melalui APBD 2022. 

“Jadi langkah itu dimaksud untuk menambah populasi sapi di daerah, mengingat jumlah sapi di Kukar saat ini baru mencapai 30 ribu ekor,” tutur Aji. 

Kini diprediksi jumlah sapi di Kabupaten Kukar mengalami penyusutan. Bagaikana tidak, hal ini terjadi karena Kukar sempat menghentikan mendatangkan sapi dari luar daerah.

“Kemarin kan kita sempat menyetop kedatangan sapi, karena adanya wabah penyakit mulut dan kuku,” jelasnya. 

Keberadaan sapi-sapi ini nantinya juga untuk memperbaiki genetik sapi di daerah. Mengingat sebagian besar kondisi sapi daerah saat ini mengalami inbreeding atau kawin sedarah. Akibatnya menurunkan kualitas terhadap sapi yang dilahirkan. 

Ali juga menyampaikan, Kukar sedang mengejar target menjadi daerah swasembada daging. Guna mewujudkan ini, diperlukan 40 ribu ekor sapi, karena minimal Kukar harus memiliki stok sapi 70 ribu ekor sapi. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar