Angkutan Bus Idamanku Resmi Diluncurkan Bupati Kukar 

Muhammad Akbar | Sabtu, 22 Okt 2022 12:00 WITA
Angkutan Bus Idamanku Resmi Diluncurkan Bupati Kukar  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Bus Idamanku sebagai alat ransportasi angkutan umum yang di bangun oleh pemerintah Kabupaten Kutai Kartangera (Kukar) dalam memberikan pelayanan transportasi darat kepada masyarakat.

Pengoperasian uji coba Trayek Angkutan Penumpang Umum Perintis tujuan Tabang-Kembang Janggut-Tenggarong-Samarinda. Dengan menggunakan aramada Bus Idamanku, resmi diluncurkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara pada hari Sabtu. (22/10/2022).  
Peresmian ini digelar di Terminal Timbau, Jalan Belida, Tenggarong. Kedatangan Bupati Edi dan Wabup Rendi disambut langsung oleh Asisten II Setkab Kukar Wiyono, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ahmad Juanaidi, General Manager Perum Damri, Perwakilan BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) XVII Kaltimtara, Camat Tabang dan undangan lainnya.

Peluncuran Bus Idamanku ditandai dengan pemecahan air kendi di depan bus angkutan penumpang oleh Bupati Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati H Rendi Solihin, dan disaksikan undangan dan jajaran Dishub Kukar lainnya.

"Saya mengapresiasi atas inovasi proyek perubahan yang dilakukan oleh Kepala Dishub dengan menghadirkan Bus Idamanku, bekerjasama dengan Perum Damri dalam mempermudah angkutan bagi masyarakat Tabang-Kembang Janggut-Tenggarong-Samarinda dan sebaliknya," ucap Bupati Edi Damansyah. 
 
“Saya juga tegaskan bahwa kebijakan ini tidak ada maksud untuk mematikan usaha penyedia jasa angkutan yang selama ini sudah berjalan. Tetapi apa yang dilakukan ini merupakan tugas dan kewajiban pemerintah untuk hadir menyediakan sarana dan prasarana berkaitan dengan angkutan yang diistilahkan trayek perintis.

Jika sudah maju berkembang ada pihak-pihak swasta yang bisa menyediakan fasilitas sarana angkutan yang memang standar dan kebijakan ini akan dievaluasi dan diarahkan ke zona-zona lainnya,” tegasnya. 

Ia berharap moda transportasi Bus Idamanku dapat berjalan dan direalisasikan dengan baik, juga terus melakukan perubahan berkaitan dengan pola pikir dan budaya kerja.

“Jadi jika mindset yang selama ini kerja sendiri-sendiri dibidang ada skat-skat. Buka skat itu, harus ada koordinasi lintas bidang, lakukan sinergitas sehingga tidak ada lagi skat skat di internal demi perubahan lebih baik," ujarnya. 

Kadishub Kukar, Ahmad Junaidi mengatakan, inovasi tersebut merupakan proyek perubahan sebagai salah satu tugas yang wajib dilakukan.

Angkutan umum saat ini mengalami kelesuan hampir disemua wilayah di Indonesia, namun disisi lain luas wilayah Kukar dan banyak masyarakat yang masih menginginkan adanya transportasi yang nyaman, aman dan terjangkau, khususnya wilayah kecamatan Tabang yang merupakan wilayah terujung dan pemerintah hadir untuk memberikan angkutan yang di idam-idamkan.

“Uji coba angkutan perintis ini dilaksanakan sampai Gunung Sari Kecamatan Tabang. Berdasarkan hasil survei dan pendataan angkutan swasta, Tenggarong-Tabang-Samarinda dengan biaya Rp350.000/orang. Sementara angkutan Bus Idamanku ini dengan biaya Rp100.000/orang, sangat meringankan masyarakat," demikian jelasnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar