Bahas UMK Kukar 2023, Siapkan Sejumlah Persiapan

Muhammad Akbar | Jumat, 18 Nov 2022 12:00 WITA
Bahas UMK Kukar 2023, Siapkan Sejumlah Persiapan -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pembahasan Upah Minimun Kabupaten (UMK) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menyiapkan Sejumlah persiapan untuk menetapkan nilai Upah Minimun Kabupaten (UMK) tahun 2023 mendatang.

Pemkab Kukar juga sudah melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait persiapan pembahasan UMK, Jumat (18/11/2022). 

"Pemda diminta untuk mengkoordinasikan terkait dengan penetapan UMK di Bulan Desember disiapkan. Koordinasi dengan forkopimda, kemudian melibatkan dewan pengupahan, persatuan organisasi buruh kabupaten dan Disnaker," ujar Asisten I Setkab Kukar, Akhmad Tahufik Hidayat.

Banyak rangkaian yang harus dipertimbangkan untuk menetapkan UMK 2023 mendatang. Sebab harus menyesuaikan dengan kriteria yang menjadi dasar untuk menetapkan UMK tersebut.

“Penetapan itu 'kan ada kreterianya, seperti masalah inflasi. Kemudian masalah lain itu akan dibahas dalam rapat koordinasi nanti,” sebutnya. 

Sementara ini angka UMK 2023 di Kukar belum ditentukan. Tapi penetapan tersebut akan menyesuaikan dengan rumus dan kreteria yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

“Yang jelas sesuai dengan rumus untuk kreterianya berdasarkan rumus yang ditetapkan oleh Kemnaker. Desember akan ditetapkan,” tutupnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar