Balitbangda Harap Peran Koperasi Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Muhammad Akbar | Rabu, 02 Nov 2022 12:00 WITA
Balitbangda Harap Peran Koperasi Dongkrak Ekonomi Masyarakat -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar, sukses menggelar seminar hasil sub kegiatan penelitian dan pengembangan koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). di Ruang Rapat Balitbangda Lantai IV Kantor Bappeda Kukar, Rabu (2/11/2022). 

Seminar yang dibuka Sekretaris Balitbangda, H. Pahmiadi serta didampingi Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan sekaligus sebagai moderator, Dr Karno. Sedangkan pemaparan materi disampaikan Tim Peneliti Saleh dan Arista, dan dihadiri peserta seminar dari Dinas Koperasi UKM Kukar, Disperindag Kukar, Setkab Kukar Bagian Ekonomi, Perwakilan Koperasi Perumda Tirta Mahakam Kukar.

Sekretaris Balitbangda Kukar, H Pahmiadi mengatakan pentingnya pelaksanaan seminar ini karena koperasi dan UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia, salah satu misi Kukar Idaman adalah memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk pengembangan UMKM dan pengelolaan koperasi agar memiliki peran yang lebih strategis dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Tujuan penelitian yang melibatkan peneliti dari Balitbangda sendiri dan Dinas Koperasi UKM untuk mengetahui dan menganalisa pertumbuhan perkembangan kelembagaan koperasi usaha kecil menengah di Kabupaten Kutai Kartanegara," kata Pahmi.

Perlu diketahui, bahwa sekarang ini banyak koperasi yang tumbuh dan tidak sedikit pula yang mati suri dan susah untuk berkembang, terlebih lagi koperasi yang ada di desa dan kawasan kecamatan.

"Jadi kendala apa yang sekarang dihadapi dan untuk perkembangan selanjutnya koperasi ini nanti seperti apa, itu yang dilakukan penelitian. Karena menurut data di dinas koperasi, keberadaan koperasi itu banyak hanya nama saja, tetapi jenis usaha dan kegiatan tidak berjalan sebagaimana mestinya, jadi hal-hal seperti itu yang perlu dilakukan penelitian," jelasnya.

Menurut Pahmi dari seminar ini bisa diketahui terkait aturan mana yang perlu diperbaharui yang dapat menunjang perkembangan koperasi kedepannya, dan pentingnya peran publikasi, promosi dan strategis koperasi dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

"Tak kalah pentingnya untuk mengetahui kinerja lembaga koperasi, yang paling diutamakan yaitu membantu anggota untuk kesejahteraannya, kemudian baru untuk masyarakat sekitar, dan mendukung visi misi Bupati dalam memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian pariwisata ekonomi kreatif termasuk perkembangan UMKM," harapnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar